Seleksi PPPK Tahap II Dibuka Bulan Depan, Setelahnya Seleksi CPNS 2019

Situsberbagi.com - Selamat pagi sahabat setia situs berbagi. Bagi rekan-rekan yang menanti pembukaan pendaftaran seleksi untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), berikut kami bagikan informasi jadwal pembukaanna. Ada dua agenda rekrutmen ASN tahun ini yakni Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 



Untuk Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini dibagi dua tahapan, dimana tahap I sudah dilakukan pada bulan Februari lalu dan saat ini sedang dalam tahap pemberkasan. Sedangkan untuk Tahap II rencananya akan dibuka bulan depan (Juni) mendatang. 

Dikutip dari medan.tribunnews.com, Menpan RB Bapak Syafruddin mengatakan, pada Juni nanti pemerintah juga akan membuka seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K/PPPK.

Adapun jumlah formasi untuk PPPK secara keseluruhan ada 150 ribu, namun pada tahap I lalu telah terjaring 50 ribu sehingga pada Tahap II nanti formasi yang tersedia ada 100 ribu formasi. 
Adapun jabatan yang dapat diisi oleh PPPK dijelaskan oleh Menpan RB beberapa waktu lalu, 

“PPPK dapat mengisi Jabatan Fungsional (JF) dan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) tertentu sesuai kompetensi masing-masing,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin beberapa waktu lalu. 

Setiap ASN yang berstatus P3K/PPPK mendapat hak dan fasilitas yang setara dengan PNS. P3K/PPPKmemiliki kewajiban serta hak yang sama dengan ASN yang berstatus PNS. Kecuali jaminan pensiun, P3K/PPPK juga mendapat perlindungan berupa jaminan hari tua, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, serta bantuan hukum.

Kemudian setelah rekrutmen PPPK Tahap II, Pemerintah akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Untuk waktu pembukaan direncanakan pada Bulan Oktober 2019. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengatakan, jadwal pembukaan seleksi CPNS memang belum ditetapkan secara resmi.
Namun, diperkirakan sekitar Oktober 2019.
"Itu nanti untuk triwulan ketiga 2019," ujarnya kepada wartawan, usai acara Musrembangnas, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Jumlah formasi yang disediakan pun cukup banyak, sekitar 100 ribu formasi kemungkinan untuk formasi pusat dan daerah dengan prioritas utama untuk honorer. 

sumber : medan.tribunnews.com

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bermanfaat untuk persiapan rekan-rekan yang ingin mengikuti Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah baik PPPK maupun CPNS 2019. 
 


 

0 Response to "Seleksi PPPK Tahap II Dibuka Bulan Depan, Setelahnya Seleksi CPNS 2019"

Posting Komentar