Pembayaran THR dan Gaji 13 PNS 2019 Mulai Disiapkan Sejak Bulan Ini

Situsberbagi.com - Selamat siang sahabat situs berbagi. Kali ini kami bagikan informasi seputar Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke 13 PNS tahun 2019. Sempat ramai bahwa akan dibayarkan sebelum Pilpres, Kementerian Keuangan Pastikan Pembayaran THR dan Gaji ke 13 tidak dibayarkan sebelum Pemilu 2019. Namun, persiapannya dilakukan sejak bulan April ini. 



Saat dikonfirmasi Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan RI mengatakan THR akan dibayar sesuai jadwal pada Mei 2019, namun persiapannya akan dimulai sejak April. Sementara untuk gaji ke-13 akan dibayarkan pada Juni atau Juli 2019. 

Sebelumnya beredar luas di media sosial Surat Dirjen Perbendaharaan Nomor: S-78/PB/2019 yang salah satu poinnya tertulis bahwa THR dan gaji ke-13 ditetapkan sebelum pemilihan presiden. Nufransa mengatakan Surat Dirjen Perbendaharaan Nomor: S-78/PB/2019, ini dimaksudkan sebagai bentuk koordinasi dengan Kementerian PAN-RB selaku inisiator penyusunan PP. 

Nufransa menambahkan, ia berharap agar penetapan PP dilaksanakan sebelum pemilihan presiden bertujuan untuk mendorong percepatan penetapan PP sehingga tersedia waktu yang cukup untuk proses administrasi hingga terlaksananya pembayaran. Menurutnya sebelum pembayaran THR dilaksanakan, diperlukan proses penyusunan dasar pembayaran yang dimulai dari penetapan Peraturan Pemerintah (PP) dan peraturan pelaksanaannya dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK). 

"Jadwal libur hari raya Idul Fitri 2019 akan dimulai sejak satu sampai dengan tujuh Juni 2019 maka hari efektif kerja untuk pembayaran THR adalah Mei 2019," kata Nufransa. Sehingga menurut Nufransa penetapan aturan berupa PP dan PMK idealnya paling lambat dilakukan bulan April tahun 2019 agar proses pembayaran THR dapat dilaksanakan sebelum hari raya Idul Fitri. "Karena April 2019 akan diselenggarakan pemilu maka penyusunan PP mengenai pemberian THR yang diinisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan dipercepat agar penetapannya dapat dilakukan pada bulan April tahun 2019," tulis Nufransa. 

Nufransa menambahkan, percepatan penetapan itu dilakukan agar pembayaran THR diharapkan dapat dilaksanakan tepat waktu yaitu pada bulan Mei 2019 sebelum Hari Raya Idul Fitri.

sumber : tirto.id

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Mohon dibantu share. Terima kasih


0 Response to "Pembayaran THR dan Gaji 13 PNS 2019 Mulai Disiapkan Sejak Bulan Ini "

Posting Komentar