Bulan Depan, PNS Dapat Tambahan 3 Kali Gajian ! Berikut Daftarnya

Situsberbagi.com - Selamat pagi sahabat situs berbagi. Menikmati liburan hari ini, berikut kami bagikan informasi menggembirakan bagi bapak dan ibu sekalian. Setelah bulan April ini rekan-rekan PNS menerima kenaikan gaji pokok beserta rapelannya, bulan depan bakalan "mandi duit" lagi. Berikut daftar penghasilan PNS bulan Mei 2019. 

Surat Edaran Kementerian Keuangan Tentang Penyesuaian Gaji PNS 2019/setagu.net

1. Gaji Induk
Pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 15 Tahun 2019 tentang Peraturan Gaji Pokok Pegawai Negeri Sipil untuk penyesuaian / kenaikan gaji pokok PNS yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2019. Namun baru mulai dibayar per 1 April sedangkan rapelan sejak Januari sd April akan dibayarkan paling lambat pertengahan April 2019. 

Petunjuk penyesuaian besaran gaji pokok bagi Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia, dan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana diatur
dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2019, dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

a.Besaran gaji pokok Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia, dan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, terhitung mulai tanggal 1 Januari 2019, disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah dimaksud.

b. Mengingat pembayaran gaji bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2019 menggunakan gaji pokok lama, maka pembayaran dengan besaran gaji pokok baru dilakukan pada pengajuan SPM untuk pembayaran gaji bulan April 2019.

c. Dalam hal pengajuan SPM untuk pembayaran gaji bulan April 2019 masih menggunakan besaran gaji pokok yang lama, maka pembayaran gaji bulan Mei 2019 harus telah menggunakan besaran gaji pokok baru.





2. Rapelan Gaji Januari sd April 

Sesuai SE-15/PB/2015, Pembayaran kekurangan (rapel) gaji sejak bulan Januari 2019 dilakukan di bulan April 2019 dengan ketentuan sebagai berikut:

a.Dalam hal pembayaran gaji bulan April 2019 telah menggunakan gaji pokok baru, maka SPM kekurangan gaji bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2019 diajukan ke KPPN setelah SPM gaji bulan April 2019 diajukan ke KPPN.


b.Dalam hal gaji pokok baru dibayarkan mulai pembayaran gaji bulan Mei 2019, maka SPM kekurangan gaji bulan Januari sampai dengan bulan April 2019 diajukan ke KPPN setelah SPM gaji bulan Mei 2019 diajukan ke KPPN.

c.SPM untuk pembayaran kekurangan gaji agar diajukan terpisah dari pengajuan SPM pembayaran gaji induk.

3. Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP)
Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), salah satu penghasilan tambahan adalah Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP). Pada bulan Mei mendatang, ada instansi juga yang akan mencairkan TPP PNS. Salah satunya di Sultra.  

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKPAD) Sultra, Isma saat ditemui awak media, Rabu (27/3/2019) menjelaskan, gaji yang akan dibayar tersebut yakni gaji induk, tunjangan tambahan penghasilan (TPP), rapelan (kenaikan gaji ASN 5 persen mulai Januari- April) dan gaji 14 (tunjangan hari raya). 

“Kemungkinan semua itu akan diterima ASN sekaligus pada Mei nanti. Untuk gaji 13 dan gaji 14 Pemprov Sultra menyiapkan anggaran yang sama, masing-masing Rp56,6 miliar,” ungkap Isma.
TPP sendiri, lanjut Isma, kenaikannya dibayar sejak Januari 2019. TPP 2019 sendiri dibayarkan senilai Rp13,9 miliar, atau naik sekitar Rp4,2 miliar dari biasanya Rp9,7 miliar.

4. Gaji ke 14 / Tunjangan Hari Raya (THR) PNS 
Dilansir dari liputan6.com, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan RI, Nufransa Wira Sakti menuturkan, sebelum pembayaran dilaksanakan, diperlukan proses penyusunan dasar pembayaran yang dimulai dari penetapan Peraturan Pemerintah (PP) dan peraturan pelaksanaannya dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK).  
"Mengingat jadwal libur hari raya Idul Fitri tahun 2019 yang dimulai sejak tanggal 1 sampai dengan 7 Juni 2019 maka hari efektif kerja untuk pembayaran THR adalah bulan Mei tahun 2019," ujar dia, Sabtu (23/2/2019). 

Selain THR, pemerintah tetap akan mengalokasikan gaji ke-13 pada 2019. Gaji ke-13 tersebut akan cair pada 1 Juli. Ketentuan ini, kata Sri Mulyani sudah berlangsung sejak 10 tahun terakhir.
"Gaji ketiga belas cair 1 Juli setiap tahun berjalan. Ini tidak ada perubahan sama seperti itu sejak 10 tahun lalu," ujar dia.

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Mohon dibantu share ya. Terima kasih

0 Response to "Bulan Depan, PNS Dapat Tambahan 3 Kali Gajian ! Berikut Daftarnya "

Posting Komentar