Eksklusif Menpan RB : Kenaikan Gaji, THR, Gaji 13 PNS Hingga Seleksi CPNS 2019

Situsberbagi.com - Selamat sore sahabat situs berbagi. Terima kasih untuk selalu berkunjung ke situs berbagi. Kali ini kami bagikan informasi terkait kenaikan gaji PNS, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR), dan Gaji ke 13 pada tahun 2019 hingga Seleksi CPNS dan PPPK
Menpan RB Syafruddin, Liputan6.com
Informasi tersebut berasal dari petikan wawancara eksklusif Menteri PAN-RB Bapak Syafruddin pada liputan6.com beberapa hari yang lalu. Namun, tidak semua petikan wawancara kami tampilkan supaya fokus pada informasi seputar kenaikan gaji, THR, Gaji 13, dan Seleksi CPNS dan PPPK. 
Pemerintah terus meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menaikkan gaji, memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13. Apakah hal ini berbanding lurus dengan peningkatan kinerja ASN sendiri?

Jadi memang apa yang dilakukan negara dan timbal baliknya buat ASN, kita sesuai undang-undang ASN. ASN sesuai UU nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN terdiri dari dua, Pertama PNS, kedua PPPK. Jadi memang apa yang dilakukan ASN kita menilainya berdasarkan kinerja. Jadi kalau kinerjanya bagus, salary dan tunjangan akan disesuaikan. Ada evaluasi per bulan, menyangkut masalah jabatan dan tunjangan kinerja (tukin). Jadi ada timbal balik, tidak memukul rata, tidak. Disesuaikan dengan kondisi kinerja dia.

Apakah saat ini ASN masih menjadi pekerjaan idaman mengingat saat ini sudah banyak perusahaan swasta yang memberikan penghasilan yang lebih besar? 
Sejahtera, karena standar gaji lebih tinggi dari dulu, sekarang ada tunjangan kinerja juga. Di kementerian dan lembaga mayoritas sudah 70 persen, bahkan ada yang 100 persen. Jadi tergantung penilaian. Jadi akan berbeda dengan dulu. Dulu enggak ada tunjangan kinerja, sekarang sudah ada.

THR PNS untuk tahun 2019 ini diperkirakan cair kapan?
Itu di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), bukan domain kita. Untuk THR yang pasti pada Lebaran, kan Tunjangan Hari Raya.
Apakah ASN dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mendapat tunjangan yang sama?
Hampir sama, cuman beda di pensiun aja. PPPK itu tidak seperti ASN, tapi dapat tunjangan hari tua. Dia bisa dapat pensiun asalkan masuk asuransi Taspen. Jadi Taspen yang bakal menanggulangi.

Pemerintah berencana mengubah skema gaji ASN, bagaimana perkembangan rencana tersebut?
Masih dalam pembahasan dengan Kemenkeu dan Pemerintah Daerah (pemda). Karena sistem penggajian itu tidak hanya terfokus di pusat, tapi juga mempertimbangkan APBD. Skemanya sedang dibahas, supaya komprehensif dan memayungi seluruh kementerian dan lembaga, Pemerintah provinsi dan Pemda. Jadi di Kemenkeu, pemprov, Kemendagri, masih dibahas. Tapi niatannya masih ke arah sana.
Rencananya kapan akan dirilis?
Masih perlu waktu.

Untuk rekrutmen PPPK Tahap II sudah siap?
Sudah. Nanti dirapatkan kembali. Soalnya bukan cuman honorer, tapi juga untuk umum kayak diaspora, profesional. Karena PPPK tidak membatasi umur. Bahkan setahun sebelum pensiun masih bisa.
Formasinya berapa?
Kita akan buka umum saja untuk diaspora, supaya kita bisa nambah kualitas SDM Indonesia. Jadi harus dari dua sumber, dari diaspora, yang sudah mengabdi lama di negara orang, kita akan himbau untuk kembali ke Indonesia.
Para profesional yang bekerja di swasta dan ingin beri pengabdian bagi negara dan bangsa, ini kan nuansa kebatinan perlu juga diperhatikan.
PPPK akan dibuka tiap tahun?
Pasti tiap tahun, karena ASN bakal tiap tahun.

Pada CPNS 2018, beberapa Pemda ada yang mengalami ketelatan. CPNS 2017 juga mundur. Ada evaluasi apa aja?
Memang mundur, karena sepanjang sejarah republik ini, penerimaan CPNS 2018 lalu itu yang terbesar. Yang mendaftar sampai 5 juta orang melalui akun, yang lolos administrasi 3 juta orang. Jadi waktu perlu ditambah, kalau enggak ditambah enggak akan sempurna.
Ada beberapa daerah yang ditunda karena letak geografis dan bencana. Seperti Papua Barat karena latar belakang geografis. Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Tenggah (Sulteng), mengalami bencana jadi tidak kita ikutkan.
Jadi pembukaan CPNS 2019 untuk yang tertunda saja?
Iya, untuk 2018, bukan 2019.
Itu kapan?
Pertengahan bulan ini.
Sudah siap?
Sudah. Masyarakat kan butuh recovery mental. Sekarang sudah siap mentalnya, pemikiran sudah normal.

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih

0 Response to "Eksklusif Menpan RB : Kenaikan Gaji, THR, Gaji 13 PNS Hingga Seleksi CPNS 2019"

Posting Komentar