Seleksi Calon PPPK Dibuka Usai CPNS 2018, BKN Pastikan CPNS 2018 Selesai Desember !

Situsberbagi.com - Selamat siang sahabat situs berbagi. Kembali kami update informasi terbaru bagi sahabat semua. Topik yang sedang hangat tentu saja seputar Seleksi CPNS 2018 dan Seleksi CPPPK 2019. Seperti telah ramai diberitakan bahwa Pemerintah akan membuka lowongan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) usai seleksi CPNS 2018 rampung. 


Sebelumnya dikabarkan, Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru honorer berusia lebih dari 35 tahun yang ingin mengabdi untuk Negara akan dibuka usai Seleksi CPNS 2018.

"Untuk para guru honorer yang tidak memenuhi syarat karena usia, pintu alternatifnya melalui seleksi PPPK, dengan kualitas tetap diutamakan, kata Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy melalui siaran pers di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (22/9/2018).

Bisakah Seleksi CPNS Selesai Tahun Ini? Ini Jawaban BKN

Tahun baru sudah kurang dari tiga minggu lagi, dan libur Hari Natal pun hanya hitungan hari saja. Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut masih berusaha menyelesaikan proses tes CPNS sebelum tahun berganti.
Ridwan mencotohkan, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah selesai melakukan integrasi.
"Kemenkumham udah masuk tahap pemberkasan, integrasi nilai sudah selesai," ujar Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan ketika berbincang dengan Liputan6.com, Senin (17/12/2018).
Pihaknya pun berjanji akan melakukan rekonsiliasi dengan tiap kementerian dan lembaga untuk mempercepat integrasi nilai di K/L lain. Rekonsiliasi dijadwalkan pada 19-21 Desember 2018 terkait melakukan integrasi nilai. 
Ridwan pun menyebut akan terus mengusahakan agar proses CPNS selesai secepatnya. "Kami usahakan secepatnya," tegasnya. 

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memberi kepastian bahwa proses perekrutan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 selesai pada akhir tahun ini. 
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan, BKN menargetkan proses seleksi CPNS 2018 dapat rampung akhir Desember ini. 
"Target utamanya selesai pada tahun ini yakni tahun anggaran. Karena memang ada anggaran yang harus diselesaikan pada Desember 2018," tutur dia di Gedung BKN Pusat, Jakarta Timur, Kamis, 22 November 2018.

Tahapan Rekrutmen PPPK Dimulai Desember

Dilansir dari jpnn.com,  "Tahap rekrutmen CPNS umum kan sudah mau selesai makanya pemerintah mulai masuk ke proses rekrutmen CPPPK. Rencananya Desember sudah mulai masuk ke tahap pengajuan usulan kebutuhan PPPK," kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja, Sabtu (1/12).

Dia menyebutkan, anggaran pengadaan CPPPK untuk tahun depan sudah dialokasikan. 
Tahapan Rekrutmen PPPK

Berikut tahapan rekrutmen PPPK sesuai PP No 49 Tahun 2018 pasal 7 ayat (2)

  1. Perencanaan
  2. Pengumuman Lowongan
  3. Pelamaran
  4. Seleksi
  5. Pengumuman Hasil Seleksi 
  6. Pengangkatan Jadi PPPK


Pendaftaran Calon Pegawai Pemerintah Non PNS (PPPK) Dibuka Bulan Februari 2019 
Pemerintah bakal membuka pendaftaran calon PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) pada Februari 2019. Salah satu formasi yang akan dibuka adalah guru.

"Sesuai pembicaraan dengan MenPAN-RB, disepakati untuk rekrutmen calon PPPK dari guru honorer adalah Februari. Mudah-mudahan ini bisa terlaksana," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam rapat kerja gabungan Komisi X DPR RI dengan empat kementerian, Rabu (12/12).



Dia mengungkapkan, sesuai kesepakatan dengan DPR, ada 150.669 guru honorer K2 yang akan direkrut menjadi PPPK. Namun, mengingat ada yang belum memiliki ijazah S1, maka 74.794 guru belum bisa diangkat tahun depan.
Bagi anda yang berminat mendaftar, Berikut Syarat Melamar Calon PPPK
Dalam pasal 16 PP Nomor 49 Tahun 2018 dijelaskan bahwa Setiap warga negara Indonesia yang memenuhi syarat bisa melamar menjadi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) untuk jabatan fungsional (JF) antara lain :



  1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi satu tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih. 
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. 
  4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis. 
  5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan. 
  6. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan. 
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar. 
  8. persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK (pejabat pembina kepegawaian).

sumber : liputan6.com dan jpnn.com

Demikian informasi ini kami bagikan, silahkan bagi rekan-rekan untuk bersiap-siap mengikuti Seleksi Calon PPPK 2019.

0 Response to "Seleksi Calon PPPK Dibuka Usai CPNS 2018, BKN Pastikan CPNS 2018 Selesai Desember !"

Posting Komentar