Siap-Siap !! Nasib Jutaan CPNS Tak Lulus Ditentukan Sebelum Tanggal 17

Situsberbagi.com - Selamat siang sahabat situs berbagi. Ada tiga isu utama yang bakal menjadi solusi untuk memenuhi kuota formasi CPNS 2018 terkait banyaknya peserta yang gugur massal di SKD CPNS 2018. Yakni penurunan passing grade, sistem rangking hingga kombinasi keduanya. Siap-Siap !! Nasib Jutaan CPNS Tak Lulus Ditentukan Sebelum Tanggal 17

 
Menpan RB Syafruddin ketika Jumpa Pers di Kantor Kemenpan RB 13/11/2018 by Menpan.go.id
 
Dari 1,7 juta data sementara peserta Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS yang mengikuti tes Seleksi Kemampuan Dasar atau SKD, ternyata hanya 128 ribu peserta atau sekitar 7,5 persen saja yang dinyatakan memenuhi target passing grade sebesar 298 poin. Jumlah 1,7 juta ini hanyalah data sementara yang masuk dari 2,8 juta pelamar yang mengikuti seleksi CPNS 2018.

"Tapi yang sudah penuhi target kemungkinan besar sudah lulus, tinggal satu item lagi yaitu Seleksi Kemampuan Bidang. Nah yang tidak lulus, menunggu hasil keputusan panitia seleksi," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, dalam diskusi di Jakarta, Selasa, 13 November 2018.

Untuk itulah, panitia seleksi CPNS 2018 pun tengah menggodok aturan baru yang nantinya akan diterbitkan berupa Permenpan RB yang baru. Sebab, di satu sisi ada kebutuhan 238.015 formasi yang harus diisi, tapi di sisi lain harus tetap merekrut pegawai negeri yang berkualitas. Oleh sebab itu, panitia tengah mengatur kebijakan penurunan passing grade dan pemeringkatan peserta SKD berdasarkan ranking. "Kombinasi keduanya," kata Syafruddin.

Sementara itu dilansir dari cnnindonesia.com, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengatakan ada kemungkinan standar kelulusan tes CPNS 2018 diturunkan.

Hal ini menyusul tingkat kelulusan tahap seleksi kemampuan dasar (SKD) yang masih sangat rendah, berkisar di angka 10 persen.

"Kalau jalan terus dengan passing grade [nilai ambang batas] 298, kita bayangkan pasti ujung-ujungnya tidak memenuhi target, tidak lebih dari 20 persen yang lulus," ujar Syafruddin dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (13/11).

Selain itu, ia juga menyebut ada opsi melakukan pemeringkatan dari hasil yang ada.

Syafruddin menjelaskan saat ini ada 2,8 juta peserta yang ikut tahap SKD. Peserta yang telah menyelesaikan tes ada sekitar 60 persen atau 1,7 juta orang.

Nantinya dibutuhkan sekitar 714 ribu orang yang lolos SKD dan melanjutkan ke tahap seleksi kemampuan bidang (SKB). Dalam seleksi tahun ini, dibutuhkan 238 ribu orang untuk mengisi posisi PNS, baik di pemerintah pusat maupun daerah.

Saat ini, kebijakan menanggapi rendahnya tingkat kelulusan masih digodok panitia seleksi nasional (Panselnas). Nantinya akan dirumuskan dalam Peraturan Menpan RB.

"Sebelum tanggal 17. Nanti Permenpan yang baru ini akan menopang Permenpan Nomor 36 dan 37 tahun 2017 yang sudah ada," ucap dia.

Syafruddin juga menambahkan penurunan nilai ambang batas itu bukan berarti ada penurunan kualitas CPNS.


Demikian informasi ini kami bagikan, mari kita tunggu sama-sama permenpan baru yang direncanakan terbit minggu ini atau sebelum tanggal 17 Nopember 2018.    

0 Response to "Siap-Siap !! Nasib Jutaan CPNS Tak Lulus Ditentukan Sebelum Tanggal 17 "

Posting Komentar