Kuota CPNS Tak Terpenuhi, Menpan RB Gunakan Sistem Rangking ?

Situsberbagi.com - Selamat pagi sahabat situs berbagi. Kuota CPNS tak terpenuhi karena passing grade, Menpan RB gunakan sistem rangking ?. Ini adalah solusi yang logis mengingat banyaknya peserta yang berguguran di SKD CPNS 2018. Meskipun aturannya (permenpan) belum keluar, namun kemungkinan tersebut mulai mendekati kenyataan. 


"Kenapa banyak yang tidak lulus, peminatnya itu 3,5 juta formasinya hanya 238 ribu jadi tidak sampai 10%. Jadi memang banyak yang tidak lulus karena sangat kompetitif persaingannya berat sekali. Tidak sampai 1 banding 10 karena kemampuan negara saat ini hanya bisa 238 ribu, karena kebutuhannya itu," ujar Syafruddin seperti dilansir dari  Okezone.com Senin (12/11/2018).  

"Jadi kita bisa bayangkan kalau 3,5 juta kalau hanya sekitar 8 persen misalnya pasti banyak yang gugur kalau dibuka passing grade-nya banyak yang lulus. Mana kala tidak cukup nanti di 283 ribu, kita akan ambil ranking di bawahnya," lanjutnya.
Mantan Wakapolri ini mengungkapkan dinaikannya passing grade dari tahun ke tahun dilakuan untuk mendapatkan hasil Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Ia juga menyebut jika passing grade tidak dinaikan tidak maka tidak mendapatkan SDM yang Profisional di tingkat Aparatur Negara. 

"Pasing grade tinggi jadi banyak yang jatuh ya memang gitu jadi dari tahun ke tahun passing grade kita selalu perbaiki atau naikan tiap tahun sekarang lebih tinggi dari tahun sekarang supaya kita dapatkan yang lebih kompetitif, kalau tidak dinaikan nanti bisa jadi enggak bagus, jadi kalau dinaikan bisa kita bisa dapet SDM yang lebih bagus dan profesional," imbunya.  

Sementara itu, dilansir dari detik.com, Untuk menutupi kebutuhan mengisi formasi, pemerintah berencana membuat Permenpan yang baru. Namun, Ridwan (Kepala Humas BKN) tak merinci akan seperti apa isi dari Permenpan tersebut.

"Nanti akan ada mungkin Permenpan baru, tapi saya nggak tahu (seperti apa isinya)" kata Ridwan saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (10/11/2018)

Walau tak mengetahui secara rinci akan seperti apa isi dari Permenpan itu nantinya, namun pihak BKN sebagai pelaksana seleksi CPNS berharap agar aturan itu bisa segera keluar secepatnya.

"Yang jelas BKN minta maksimal minggu depan itu (Permenpan) sudah selesai, karena prosesnya kan terus berjalan," jelasnya.

Ridwan mengatakan, bahwa penerbitan Permenpan baru ini menjadi solusi yang dihasilkan dari rapat yang digelar oleh tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018 bersama dengan stakeholder lainnya.

"Hari Selasa atau Rabu lalu kan ada rapat Panselnas yang saya ikut juga. Di situ dimasukkan dari semua stakeholder BSSN, Kemendikbud, Kemenristekdikti, KemenPAN-RB, BKN, Ombudsman itu semua ditampung lah. Ditampung untuk skenario memang sudah disusun bagaimana kemungkinannya," tuturnya.
 
sumber : okezone.com

Demikian informasi ini kami bagikan, tinggal tunggu pemerintah saja dan berdoa buat rekan-rekan yang mungkin beda tipis nilai CAT SKD nya dengan passing grade.

0 Response to "Kuota CPNS Tak Terpenuhi, Menpan RB Gunakan Sistem Rangking ?"

Posting Komentar