Jangan Sedih, Tak Capai Pasing Grade Masih Ada Kesempatan Kedua

Situsberbagi.com - Selamat sore sahabat situs berbagi. Sudah minggu sore di 18 Nopember 2018, masih menunggu keputusan resmi Panselnas terkait penetapan peserta lulus ke SKB CPNS 2018. Bagi yang gak lulus passing grade, jangan sedih! Ada kesempatan kedua terkait rencana pemerintah menggunakan sistem rangking untuk memenuhi kuota formasi.  




dilansir dari detik.com, Menpan RB menyatakan yang nilainya mencapai passing grade belum tentu lulus, begitupula yang tidak mencapai passing grade bukan berarti sudah dipastikan tidak lolos.


"Jadi saya tidak mau mengatakan, yang memenuhi target itu yang lulus atau yang belum memenuhi target itu yang nggak lulus. Walaupun yang memenuhi target kemungkinan besar lulus, dan yang belum memenuhi target bisa saja (lulus)," kata dia dalam temu media di Pand'or, Jakarta, Selasa (13/11/2018)


Ia memaparkan, aturan tersebut ditargetkan selesai oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS minggu depan. Dengan begitu, ia harap aturan tersebut bisa memenuhi formasi CPNS minimal 80%.

"Paling minggu depan dan solusinya ini akan diputuskan dalam Peraturan Menteri PAN-RB (Permenpan). Ini bukan mengganti tapi menopang jadi agar bisa mencapai target memenuhi formasi setidaknya 80%," ungkap dia.


Sementara itu, hingga saat ini total CPNS yang lulus SKD baru mencapai 128 ribu orang. Angka ini masih sekitar 8% guna memenuhi formasi CPNS.


Apa Itu Sistem Ranking?

Dikutip dari banjarmasin.tribunnews.com, Peserta seleksi yang tak lolos passing grade akan diranking sesuai nilai yang diperoleh.
Selanjutnya akan ditentukan peserta dengan nilai tertinggi meskipun tak mencapai passing grade.
"Kemudian kita lakukan perankingan di sana. Yang jumlahnya tinggi - tinggi ini berapa orang sih, untuk mengisi formasi - formasi yang kosong itu."

"Itu kan tidak mengurangi passing grade. Artinya kita tidak menurunkan kualitas PNS-nya gitu," ungkapnya.
Proses perankingan ini menunggu jumlah peserta yang lolos passing grade di SKD.
Setelah itu penentuan kelulusan peserta SKD melalui proses ranking disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Jumlah yang dibutuhkan untuk SKB yakni tiga kali formasi yang dibutuhkan.
"Kita harus lihat dulu yang lulus murni harus seberapa banyak. Katakanlah ada tiga jabatan, lulus murni ada sembilan orang, ya kan udah penuh. Kan tidak diperlukan lagi."
"Tapi misalnya dari tiga jabatan itu ada lima orang yang lulus murni, berarti dia butuh orang orang lagi."
"Tapi yang empat orang ini menunggu yang lima orang itu selesai dulu prosesnya," katanya.
Meski telah ditetapkan, regulasi sistem ranking masih terus dibahas di pemerintah pusat.
Pemerintah menargetkan Senin (19/11/2018), regulasi ranking dapat segera dituntaskan.

Demikian informasi ini kami bagikan, jangan sedih dan putus asa meskipun tidak lolos passing grade masih ada kesempatan kedua melalui sistem rangking semoga nama anda yang ada di daftar nama peserta SKB.

0 Response to "Jangan Sedih, Tak Capai Pasing Grade Masih Ada Kesempatan Kedua "

Posting Komentar