570 Ribu Guru Belum Bersertifikat, Kemendikbud Akan Berikan Bantuan Kuliah Bagi Guru PNS dan Non PNS

Situsberbagi.com - Selamat malam sahabat situs berbagi. Bagi rekan-rekan guru baik PNS maupun Non PNS, Kemendikbud akan memberikan bantuan kuliah dalam rangka program sertifikasi guru.


Sebanyak 570 ribu guru di Indonesia hingga saat ini belum mempunyai sertifikat. Dari jumlah tersebut, 20 ribu di antaranya menjadi sasaran sertifikasi melalui Program Pendidikan Guru (PPG) tahun ini.

Saat ini hanya ada 59 Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk sebagai penyelenggara PPG, salah satunya adalah Universitas Sebelas Maret (UNS). Sementara jumlah LPTK yang ada sebanyak 421.

"Berdasarkan road map dalam jangka waktu lima tahun mendatang seluruh guru PAUD, pendidikan dasar serta pendidikan menengah, sudah bersertifikat," ujar Elvira, saat ditemui di acara Rembug Nasional PT Penyelenggara PPG, di UNS Inn Solo, Senin (19/11).

Untuk program sertifikasi guru tersebut, Elvira menerangkan, Kemendikbud akan memberikan bantuan kuliah bagi guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun non PNS yang sudah menjadi guru tetap yayasan. Pihaknya berharap kedepan peran pemerintah daerah dalam program tersebut.

Tim PPG Belmawa Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Totok Bintoro, menambahkan, pola pembelajaran PPG dilakukan dalam 24 SKS bagi guru dalam jabatan. Sedangkan guru bukan jabatan polanya hingga 40 SKS.

"Kalau guru dalam jabatan harus melaksanakan 24 SKS salam satu semester akan terlalu lama meninggalkan murid-muridnya. Jadi kebijakan Kemenristekdikti PPG dilakukan dengan blended learning atau daring," katanya.

Namun kenyataannya, belum semua guru terjangkau internet, yakni guru di daerah 3 T (tertinggal, terdepan, terluar) Indonesia atau daerah khusus. Untuk guru di daerah khusus tersebut, Kemenristekdikti memberikan kebijakan pembelajaran melalui tatap muka.

"Guru tetap datang ke kampus belajar mulai jam 8 hingga 5 sore. Sedangkan guru yang menggunakan sistem daring belajarnya menggunakan modul setara 10 SKS," jelasnya lagi.

Setelah lulus dari pendalaman materi, dilanjutkan dengan lokakarya pengembangan perangkat pembelajaran. Yakni dalam bentuk PPL atau praktik, karena guru yang mengikuti PPG adalah guru berpengalaman maka sifatnya hanya pembaruan.

"Kemudian diakhiri dengan uji kompetensi oleh panitia nasional. Setelah lolos akan berhak mendapatkan sertifikat," ucapnya.

Sumber : Merdeka.com

Demikian informasi ini kami bagikan, ayooo rekan-rekan guru dimanfaatkan. Terimakasih 


0 Response to " 570 Ribu Guru Belum Bersertifikat, Kemendikbud Akan Berikan Bantuan Kuliah Bagi Guru PNS dan Non PNS"

Posting Komentar