BKN : 2,6 Juta Pelamar CPNS 2018 Lulus Seleksi Admistrasi

Situsberbagi.com - Selamat malam sahabat situs berbagi. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat ada 2.662.285 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lolos seleksi administrasi. Sedangkan total pelamar CPNS hingga penutupan CPNS 15 Oktober 2018 lalu mencapai 3,6 juta orang. Lolos Seleksi Administrasi, ini tahapan selanjutnya. 


 
ki-ka) Kepala Bidang Media dan Pengaduan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara atau BKN, Yudhantara Bayu dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Moh. Ridwan saat mengelar konferensi pers mengenai pendaftaran hari pertama CPNS di Kantor BKN, Cililitan, Jakarta Timur,by tempo.co

"Memenuhi syarat 2.662.285," bunyi keterangan tertulis BKN, Senin (22/10/2018).
Hingga saat ini proses verifikasi masih berlangsung dengan catatan yang tidak memenuhi syarat mencapai 569.429 orang dan yang belum diverifikasi mencapai 221.291 orang.

"Sedang diverifikasi sebanyak 175.323," tambah keterangan BKN.

BKN juga mencatat hingga sore ini sudah ada 355 instansi yang sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS dan masih ada 203 instansi yang belum mengumumkan hasil administrasi pelamar.

Angka ini meningkat dibandingkan posisi pagi tadi sebanyak 141 instansi. Artinya, dalam waktu kurang dari sehari bertambah 214 instansi yang sudah merilis hasil seleksi administrasi CPNS.

Lulus Seleksi Administrasi, Ini Tahapan Selanjutnya 
 
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencuit melalui akun resmi Twitter @BKNgoid mengenai tahapan setelah seleksi administrasi. Mereka yang lolos bakal mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar.

"Setelah tahapan pendaftaran, apabila kamu lolos verifikasi administrasi maka tahapan selanjutnya yang harus dilalui adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)" cuit BKN seperti dikutip detikFinance, Senin (22/10/2018).
Dalam SKD terdapat 3 hal yang akan diuji, antara lain Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Tes Karakteristik Pribadi dalam SKD bertujuan untuk mengetahui kemampuan CPNS beradaptasi, bekerja dalam tim, IT, pelayanan, karakter, integritas, kemampuan menahan sebaran hoax, SARA, dan yang lainnya.

Selanjutnya Tes Intelegensia Umum dalam SKD dibuat untuk mengukur seberapa cakap CPNS dlm logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru. Kemudian Tes Wawasan Kebangsaan dalam SKD berisi tentang pemahaman akan Pancasila, UUD 1945, nasionalisme, hingga bahasa Indonesia.

"Bagi mereka yang tidak lolos passing grade SKD, langsung gugur," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan kepada detikFinance.

Di dalam SKD terdapat 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Penilaian dalam tes dilakukan dengan formula nilai 5 jika benar dan 0 jika salah dalam TWK dan TIU. Untuk TKP jawaban bernilai 1-5.

Untuk lolos dalam SKD, passing grade formasi umum, cukup jawab benar 15 TWK, 16 TIU, dan 29 TKP bernilai 5.

sumber : detik.com

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BKN : 2,6 Juta Pelamar CPNS 2018 Lulus Seleksi Admistrasi"

Posting Komentar