Daftar CPNS 2018, Pastikan Ijazah Terdaftar di Porlaf Dikti ! Ini Cara Cek Onlinenya

Situsberbagi.com - Selamat malam sahabat situs berbagi. Penerimaan CPNS 2018 segera dibuka dan jauh-jauh hari pihak BKN telah menghimbau calon peserta untuk memastikan keabsahan NIK dan KK serta persyaratan dokumen lainnya. Nah, salah satu dokumen wajib adalah ijazah yang juga harus sudah terdaftar di Kemenristekdikti. 

 

Dilansir dari grup tribunnews.com Elsa, salah satu alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang saat mengecek ijazahnya belum terdaftar di Forlap Dikti.

Sementara ia berencana untuk mempersiapkan diri ikut seleksi CPNS yang dalam waktu dekat akan dibuka oleh setiap Kementrian.
Ia merasa bingung mengapa situs Forlap Dikti tak bisa diakses saat memasukkan NIM-nya semasa kuliah.

"Ternyata apa yang dikeluhkan teman-teman lain benar, sepertinya kami belum ada Penomoran Ijazah Nasional (PIN) untuk mendaftar CPNS," ujarnya.
Untuk menghentikan munculnya ijazah palsu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi mengambil langkah serius dengan penomoran verifikasi ijazah secara elektronik. Menristekdikti, Mohamad Nasir, mengatakan, untuk menangkal ijazah palsu yaitu memberlakukan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil).

SIVIL merupakan sistem verifikasi ijazah online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi. 

Manfaat lain dari layanan yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat ini adalah dapat digunakan untuk mengecek ijazah melalui salinan ijazah dengan cara memasukkan nomor yang terdapat pada ijazah. Berikut cara mudah mengecek keabsahan ijazah dengan cepat, tepat, dan akurat secara online. 

Cara Mengecek Keaslian Ijazah Melalui SIVIL

1. Klik tautan http://belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/

2. Cari Perguruan Tinggi tempat Anda kuliah dengan cara tulis Kata Kunci, seperti Universitas, Sekolah Tinggi dan lainnya

3. Tulis nomor Ijazah atau PIN (Penomoran Ijazah Nasional).

4. Lalui pengaman dengan menjawab pertanyaan yang ditampikan.

Jika nomor ijazah Anda terdaftar dipangkalan dikti maka akan keluar data diri Anda, jika tidak maka akan keluar informasi "Data tidak ditemukan di pangkalan dikti, silahkan menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan". Layanan ini tidak menampilkan detail ijazah dengan alasan kerahasiaan. 

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian baik untuk kepentingan daftar CPNS 2018 maupun untuk keperluan lain. 

0 Response to "Daftar CPNS 2018, Pastikan Ijazah Terdaftar di Porlaf Dikti ! Ini Cara Cek Onlinenya"

Posting Komentar