Seleksi CPNS 2018 Bakal Dibuka, Baca Alur Seleksinya !

Situsberbagi.com - Selamat pagi sahabat situs berbagi. Seleksi CPNS 2018 segera dibuka, baca alur seleksinya ! Hal ini penting rekan-rekan sekalian. Dengan memiliki gambaran mengenai alur seleksi, setidaknya rekan-rekan sekalian bisa menyusun strategi untuk dapat lulus Seleksi CPNS 2018. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Foto By Jpnn.com


Pemerintah berencana membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah melakukan persiapan untuk seleksi CPNS.
Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan pada seleksi CPNS tahun ini pemerintah akan melakukan dengan sistem yang terintegrasi. Misalnya pada tahap pendaftaran hanya satu pintu melalui situs sscn.bkn.go.id.

“Nggak peduli itu daerah maupun pusat tetap mekanisme online pendaftarannya melalui sscn.bkn.go.id. Lalu seleksi kompetensi bidang (SKB) juga di bawah koordinasi BKN. Minimal di setiap provinsi ada 1 lokasi tes,” kata Ridwan kepada detikFinance, Jakarta, Senin (9/7/2018).

“Jadi daerah nanti diharapkan untuk mengumpulkan soal untuk SKB, itu ke BKN. Karena tes SKB-nya juga pakai CAT. Basisnya pakai CAT BKN. Integrasinya itu,” sambung dia.

Sedangkan untuk alur seleksi, kata Ridwan, tidak jauh berbeda dengan lowongan pembuka CPNS pada 2017 lalu. Mulai dari pemilihan administrasi hingga pemilihan kompetensi lapangan.

“Nanti akan dilakukan seleksi administratif, oleh kementerian, lembaga, atau daerah masing-masing. Dari yang lulus seleksi administrasi, kita minta untuk ikuti SKD (seleksi kompetensi dasar) dengan CAT BKN, setelah itu ada SKB yang sebagian besar di daerah wajib pakai CAT BKN,” ujarnya.

Lalu apa persyaratan dari pendaftaran CPNS? Melihat dari persyaratan pendaftaran CPNS tahun 2017 lalu, mungkin hal ini dapat menjadi salah satu pandangan untuk beberapa persyaratan dengan lowongan CPNS 2018 ini, seperti yang dikutib dari Tribunnews.com, Kamis (4/1/18).

Persyaratan Umum CPNS 2018
  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta sehat jasmani dan rohani.
  2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karenamelakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS /PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
  5. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018
  1. Pendaftaran dilakukan di masing-masing kementerian/CPNS Daerah yang sudah diumumkan
  2. Mengisi Formulir dan Menandatanganinya, kemudian akan memperoleh nomor ujian
  3. Pelamar mengunggah dokumen yang dibutuhkan, serta foto dengan formar JPG
  4. Hasil scan Ijazah dengan format JPG
  5. scan transkrip asli nilai akademis dalam format JPG, dengan besar maksimal 400 kB.
  6. Mengirimkan berkas-berkas seperti formulir pendaftaran, Daftar Riwayat Hidup, Satu lembar fotokopi ijazah berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisir, Fotokopi Surat Keterangan Sehat, Surat pernyataan yang disyaratkan pada persyaratan umum dan menyetujui ketentuan dan syarat Seleksi CPNS 2018, ditandatangani di atas materai Rp.6000,-, pas foto terbaru ukuran 3×4 berwarna.
sumber : antero.co

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang hendak mengikuti seleksi CPNS 2018. Jangan lupa like, komen dan share ya. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seleksi CPNS 2018 Bakal Dibuka, Baca Alur Seleksinya !"

Posting Komentar