THR PNS Segera Cair, Ini Jumlah THR dan Gaji 13 PNS Golongan III A

Situsberbagi.com - Selamat pagi sahabat situs berbagi di Seluruh Indonesia. THR PNS Cair Awal Juni 2018, Ini Jumlah THR dan Gaji 13 PNS Golongan IIIA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengumumkan Peraturan Presiden (PP) Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS) paling lambat minggu depan.

THR PNS Segera Cair, Ini Jumlah THR dan Gaji 13 PNS Golongan III A 

"PP THR PNS dan gaji ke-13 sudah difinalisasi di Setneg dan akan segera ditetapkan oleh Presiden," kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono di kantor Kementerian Keuangan, Kamis (17/5/2018).

Marwanto mengatakan, penyaluran THR PNS kan diberikan menjelang perayaan hari raya lebaran pada Juni mendatang. Sementara itu, untuk kucuran gaji ke-13 akan dibayarkan pada setiap tahun ajaran baru yang jatuh pada Juli 2018.

Perhitungan  THR dan Gaji ke 13 PNS Golongan IIIA
 
Sekadar ilustrasi, misalnya Deni adalah PNS yang baru saja diangkat pada golongan IIIA dengan masa kerja golongan 0 tahun. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30/2015 (PDF), Deni mendapatkan gaji pokok sebesar Rp2,45 juta.

Deni yang menjabat sebagai Verifikator Keuangan (fungsional umum) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini juga sudah memiliki isteri. Dengan demikian, Deni berhak mendapatkan tunjangan jabatan dan tunjangan keluarga. Dengan golongan IIIa, Deni mendapatkan tunjangan umum sebesar Rp185.000 per bulan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden No. 12/2006 tentang Tunjangan Umum Pegawai Negeri Sipil (PDF).

Sementara itu, tunjangan keluarga yang diterima Deni adalah Rp245.700 per bulan, atau 10 persen dari gaji pokok. Ketentuan tunjangan keluarga atau suami isteri tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 51/1992 (PDF).

Selain itu, Deni mendapatkan tunjangan kinerja karena telah memiliki jabatan fungsional. Menurut Keputusan Sekjen KPU No. 935/SDM.07-Kpt/05/SJ/XII/2017 (PDF), jabatan Deni ada di peringkat 6 dengan besaran tunjangan kinerja sebesar Rp2,7 juta.

Dari paparan di atas, maka gaji ke-13 yang akan didapatkan Deni pada Juni 2018 mencapai Rp5,58 juta. Sementara gaji ke-14 atau THR yang diterima Deni mencapai Rp2,45 juta atau sama dengan gaji pokok.

Bila diakumulasi, total penghasilan yang didapat Deni dari gaji ke-13 dan THR mencapai Rp8,03 juta. Namun, total penghasilan tambahan Deni tersebut kemungkinan lebih besar mengingat pemerintah berencana menambah tunjangan lainnya untuk menghitung THR tahun ini.
 
dilansir dari Tirto.co.id dan cnbcindonesia.com
 
Demikian informasi ini kami bagikan, selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga bermanfaat. Jangan lupa like, komen, dan share ya. Terima kasih. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "THR PNS Segera Cair, Ini Jumlah THR dan Gaji 13 PNS Golongan III A"

Posting Komentar