Info Terbaru CPNS Jalur Umum dan Honorer dari Raker Menpan dan Komisi II DPR

Situsberbagi.com - Selamat malam sahabat situs berbagi. Hari ini Menpan RB mengikuti Raker bersama Komisi II DPR RI, salah satunya membahas nasib honorer dan penerimaan CPNS 2018. Dalam Raker tersebut Menpan isyaratkan angkat honorer K2 jadi PNS setelah selesai verifikasi data honorer melalui Dapodik. Sementara Penerimaan CPNS Umum oleh BKN direncanakan bulan Juni atau setelah Pilkada. 

Sesuai dengan permintaan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka rembuk nasional pendidikan dan kebudayaan pada Februari 2018. Saat itu Wapres JK menyatakan pemerintah akan mengangkat guru honorer tahun ini.
"Memang betul wapres memerintahkan itu. Namun, saya dihadapkan dengan aturan UU Aparatur Sipil Negara (ASN) serta PP Manajemen PNS," ujar Menteri Asman dalam rapat kerja Komisi II DPR RI di Jakarta, Senin (12/3).
Dia menyebutkan, tahun ini pemerintah memang memprioritaskan guru dalam rekrutmen CPNS 2018.
Itu sebabnya, KemenPAN-RB sudah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menyisir seluruh guru honorer yang ada di data pokok kependidikan (dapodik).
Nantinya guru-guru honorer ini akan dilihat mana saja yang memenuhi kriteria. Seperti usia di bawah 35 tahun, masih mengabdi hingga sekarang, dan lainnya. Yang datanya valid bisa diusulkan dalam pengangkatan CPNS 2018.
"Saya dapat informasi, katanya banyak guru honorer yang namanya terdaftar tapi tidak aktif lagi mengajar. Yang serupa ini kami bersihkan datanya," terangnya.
"Kan aneh, tidak pernah mengajar tapi masih menuntut diangkat CPNS. Saya memohonan dukungan Komisi II untuk memberikan kami kesempatan memverifikasi data honorer yang ada," tandasnya.
Terkait Penerimaan CPNS Umum, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), Bima Haria Wibisana, menyebutkan sesuai jadwal rekrutmen CPNS yang disusun, penetapan formasi mulai April hingga Mei. Pengumuman dibukanya pendaftaran CPNS dilaksanakan Mei. Sedangkan pendaftaran secara online dimulai Juni hingga Juli.
Rencananya, lanjut Bima, pendaftaran yang pertama dibuka adalah untuk sekolah-sekolah kedinasan. Sedangkan jalur umum usai Pilkada.
"Usai mencoblos, langsung kami buka pendaftarannya. Karena sudah ada keterkaitan dengan pilkada lagi," terangnya.
sumber : jpnn.com
Demikian informasi ini kami bagikan, semoga menjawab rasa penasaran sahabat situs berbagi terkait penerimaan CPNS umum maupun honorer K2. Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info Terbaru CPNS Jalur Umum dan Honorer dari Raker Menpan dan Komisi II DPR"

Posting Komentar