Sedang Didata !! Sebanyak 8.601 Guru Tidak Tetap (GTT) Berpeluang Diangkat PNS Tahun Ini

Situsberbagi.com - Selamat malam sahabat situs berbagi. Kabar gembira bagi rekan-rekan Guru Tidak Tetap (GTT) atau guru Non PNS. Pasalnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sementara mendata jumlah GTT. Mereka berpeluang diangkat menjadi PNS tahun ini. 
Misalnya di Sulut, sebanyak  8.601 GTT juga berpeluang diangkat PNSKepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut DR Femmy J Suluh MSi mengatakan, kekurangan guru PNS sudah sangat urgent di semua daerah. “Makanya, kami mendorong agar GTT atau non PNS bisa diangkat menjadi PNS. Namun, harus mengikuti mekanisme pencalonan seperti biasa,” ungkapnya.
Dia mengatakan, untuk masalah anggaran memang tidak akan cukup jika semua GTT atau non PNS direkrut menjadi CPNS untuk tahun ini. “Semua kembali lagi ke mekanisme. Jika ada penegasan aturan dari pemerintah pusat kita akan menyesuaikan,” ujarnya.
Menurut dia, sudah tiga tahun tidak ada pengangkatan CPNS di Sulut. “Kami sudah memberikan pengusulan CPNS di Menteri Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokasi (MenPAN-RB) sebanyak 900 orang. Tapi tinggal dilihat nanti berapa jumlah kuota yang diberikan pusat,” paparnya.
Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provisni Sulut dr Liesje Grace Punuh MKes menuturkan, tahun ini akan diupayakan segera membuka rekrutmen guru CPNS. “Namun, belum dipastikan berapa banyak formasinya dan waktunya kapan kami belum tahu,” sebutnya. Ditambahkan Punuh, dari data rekapitulasi penyusunan kebutuhan dan kekurangan guru PNS se kabupaten/kota hingga saat ini sekitar seribuan lebih.
Sementara itu, Pengamat Pendidikan Titof Tulaka mengatakan, kalau GTT diangkat menjadi CPNS harus ada penegasan dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah.  Menurut dosen Unima, buatlah suatu aturan bagi para GTT yang akan menjadi CPNS nanti tidak boleh pindah, walaupun sudah lima tahun bertugas. “Hal ini menjadi trik untuk menjadi CPNS saja. Setelah lima tahun mengabdi minta dimutasikan ke daerah asalnya. Itu yang menyebabkan kekurangan guru di daerah bisa terjadi,” tukasnya.
Dia menambahkan, solusinya pemerintah daerah harus menerima GTT yang akan menjadi CPNS khusus anak daerah, supaya tidak minta pindah. 
Demikian informasi ini kami bagikan, semoga rekan-rekan GTT di seluruh tanah air segera diangkat PNS tahun ini. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sedang Didata !! Sebanyak 8.601 Guru Tidak Tetap (GTT) Berpeluang Diangkat PNS Tahun Ini"

Posting Komentar