Bandingkan !! Inilah Perbandingan Gaji Guru Indonesia Dengan Negara Maju Di Dunia !

Situsberbagi.com - selamat sore sahabat situs berbagi. Berbicara mengenai kesejahteraan guru di Indonesia sebagian mungkin cukup baik dengan gaji pokok, insentif dan tunjangan-tunjangan yang diberikan oleh pemerintah untuk menjamin kualitas pendidikan di Indonesia. Namun sebagian besar lainnya cukup memprihatinkan. Setidaknya terlihat dari guru honorer,  GTT, dan semacamnya yang gajinya hanya ratusan ribu per bulan. 



Nah, sebagai perbandingan admin situs berbagi akan membagikan komparasi gaji guru dan kesejahteraannya di beberapa negara maju di Dunia. Apakah negara tersebut lebih baik dalam memperhatikan kesejahteraan para guru dari pada Indonesia ? Berikut ulasannya.

1. Luxembourg

Di Luxembourg, guru dibagi menjadi 3 tingkatan seperti pada umumnya yakni Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Atas. Bayangkan saja, untuk guru SD saja untuk gaji saat memulai bekerja adalah Rp 7,5 juta/bulan. Jika sudah mengajar selama 10 tahun akan naik 2 kali lipatnya yakni Rp 14 juta/bulan. Sedangkan guru SMP maupun SMA juga relatif sama hanya saja guru dengan gelar yang lebih tinggi akan dinaikkan pula gaji bulanannya.
2. Swiss
Menilik pendapatan guru di negara ini, untuk guru Sekolah Dasar saja seorang guru bisa mengantongi gaji Rp 6,3 juta/bulan, sedangkan guru SMP/SMA memperoleh gaji Rp 7 juta/bulan. Guru di sini sudah tersertifikasi keahlian sehingga tidak ada satupun guru yang memperoleh gaji tersebut tanpa melewati tahap sertifikasi. Seperti halnya Luxemburg, negara Swiss memberikan kenaikan gaji setelah 10 tahun seorang guru mengabdi, yakni 2 kali dari gaji tiap bulanya atau sekitar Rp 13,5 juta/bulan. Itu belum termasuk dengan berbagai tunjangan dan kenaikan gaji ketika seorang guru mengupgrade gelar akademiknya.
3. Jerman
Bicara tentang kesejahteraan guru di negara maju ini, merupakan salah satu garda depan dalam menjaga kualitas para generasi penerus. Jerman memberikan gaji yang dikategorikan tinggi untuk sebulan bekerja. Dalam sebulan seorang guru di Jerman pendapat upah sebesar Rp 6 juta/bulan, sedangkan bagi guru yang telah mengabdi selama 10 tahun akan mendapatkan 2 kali lipat gaji yakni sekitar Rp 12 juta/bulan.
4. Korea Selatan
Teknologi pada pendidikan di Korea juga dikembangkan hingga ke seluruh daratan Korea dengan membuat jaringan akses internet berkecepatan tinggi di sekolah dasar dan lanjutan. Pemerintah Korea melalui Kementerian Pendidikan juga memberikan beasiswa bagi siswa-siswi yang berasal dari luar Korea hingga mencapai 100.000 siswa per tahun. Para guru di Korea sangat diperhatikan dalam masalah kesejahteraannya. Bayangkan saja, Korea selatan menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia yang memberikan upah gaji guru yang tidak main-main, hampir selevel dengan negara Jerman yakni kisaran Rp 5,8 – 6 juta dalam sebulan mengajar, belum lagi tunjangan-tunjangan guru yang diberikan oleh pemerintah.
5. Amerika Serikat
Dalam memastikan pendidikan yang layak bagi para peserta didiknya, negara Amerika juga termasuk salah satu negara yang memperhatikan kualitas kesejahteraan guru. Terbukti dengan angka upah gaji guru yang terbilang tinggi membuat Amerika Serikat menjadi salah satu negara percontohan pendidikan dunia. Seorang guru dalam sebulan dapat mengantongi gaji Rp 5,5 – 6 juta ditambah dengan tunjangan yang diberikan cuma-cuma oleh pemerintah melalui Departemen Pendidikan negara ini.
6. Belanda
Sistem pendidikan di Belanda diawasi dan menjadi tanggung jawab pemerintah. Mata pelajaran yang diajarkan di semua jenis sekolah diatur oleh undang-undang dengan target-target yang harus dicapai. Hal ini dilakukan agar pemerintah dapat memastikan kualifikasi yang sama di seluruh negeri. Sekolah-sekolah di Belanda didirikan oleh masing-masing otoritas pemerintah daerah, namun ada juga yang didirikan oleh swasta. Pemerintah Belanda memberikan perhatian besar di bidang pendidikan. Terbukti pada tahun 2001 Belanda menganggarkan 5,3 % dari GDP-nya di bidang pendidikan. Pemerintah Belanda juga menggratiskan biaya pendidikan untuk anak usia 5-16 tahun. Namun pada pendidikan tingkat lanjut orang tua harus membayar biaya buku ajar dan bahan-bahan penunjang pengajaran lainnya. Anak-anak di Belanda wajib bersekolah secara full time sejak usia 5 tahun. Taraf hidup guru di negara ini juga sangat diperhatikan oleh pemerintah, untuk rata-rata gaji sebulan dalam mengajar, seorang guru diberi upah sebesar Rp 5,5 – 6 juta/bulan dan ditambah dengan berbagai tunjangan maupun penambahan upah dari hasil sertifikasi guru.
Itulah negara-negara yang begitu menjamin kesejahteraan guru. Tentunya juga terlihat berkorelasi positif dengan kualitas pendidikannya. 
Sumber : ublik.id
Semoga ini dapat menjadi referensi bagi para stakeholder bahwa kesejahteraan guru juga akan meningkatkan kualitas pendidikan. So, sejahterakan guru maka kualitas pendidikan di Indonesia akan menjadi lebih baik. Setuju ? Silahkan dibantu share . Terima asih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bandingkan !! Inilah Perbandingan Gaji Guru Indonesia Dengan Negara Maju Di Dunia !"

Posting Komentar