Silahkan Cek !! Cara Melihat Daerah Yang Bisa Membuka Penerimaan CPNS Daerah 2018!

Situsberbagi.com - Selamat pagi sahabat situs berbagi. Pemerintah telah memastikan bahwa tahun 2018 akan melakukan penerimaan CPNS formasi daerah secara besar-besaran. Tahapan-tahapan sudah mulai dilakukan sejak tahun 2017 ini dengan pengusulan kebutuhan PNS oleh kepala daerah. Namun, tidak semua daerah dapat melakukan penerimaan CPNS. Ada syarat yang harus dipenuhi. Nah untuk memastikan apakah daerah anda punya peluang melakukan rekrutmen CPNS, anda bisa mengecek sendiri dengan bantuan google. Berikut informasinya
Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) faktanya memang sangat diminati oleh banyak orang di negeri ini. Setelah melakukan moratorium (pembatasan) penerimaan CPNS selama tiga tahun, mulai tahun ini Pemerintahan Presiden Jokowi kembali membuka kesempatan menjadi CPNS. Peluang CPNS 2018 untuk daerah pun sudah mulai muncul di media massa, pernyataannya langsung keluar dari mulut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur di Makassar, Jumat (10/11/2017).
“Tahun depan kita buka, tahun 2018, untuk daerah, per kabupaten dan provinsi,” kata Asman Abnur di Makassar, seperti dilansir oleh media-media nasional.
Masih menurut Asman, untuk formasi yang akan dibuka, pihak kementerian akan mengikuti usulan dari Kabupaten/Kota. Asman berpesan kepada seluruh daerah untuk segera melengkapi usulan formasi berdasarkan analisa jabatan.
Selain itu, ada satu kalimat menarik yang disampaikan Asman, ”Termasuk salah satu syarat, pemerintah daerah belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50%,” katanya. Dengan kata lain, untuk daerah yang 50% anggarannya masih dihabiskan oleh gaji pegawai, jangan harap bisa memiliki peluang CPNS 2018.
Nah, sekarang, untuk Anda yang minat jadi CPNS, tentu bertanya-tanya apakah daerah Anda memiliki peluang CPNS 2018? Untuk mengetahui hal ini, tentunya ada banyak cara. Misalnya dengan bertanya ke dinas keuangan di daerah Anda. Tapi, ada juga alternatif lain yang lebih simpel. Anda bisa mengecek apakah daerah Anda memiliki peluang CPNS 2018 atau tidak, cukup dengan akses internet.
Begini caranya:
  1. Buka google
  2. Ketik: “LPSE_Nama-Kota-Anda” (misal LPSE Kota Tasikmalaya),  lalu tekan ENTER
  3. Cari menu Monitoring & Evaluasi Online lalu Klik, Anda akan dibawa ke website TEPRA (Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran)
  4. Pada website TEPRA, pilih Tahun 2017
  5. Pada website TEPRA, isi kolom “Tampilkan data untuk intansi” dengan nama daerah Anda, misal: Kota Tasikmalaya, lalu tekan ENTER
Nah, sekarang Anda bisa melihat struktur Anggaran daerah yang Anda inginkan. Perhatikan total anggarannya berapa, lalu jumlahkan anggaran belanja pegawai. Kalau hasil penjumlahan anggaran belanja pegawai ternyata lebih dari 50% dari total anggaran, sangat besar kemungkinan daerah Anda tidak akan membuka peluang CPNS 2018
Nah, silahkan dicoba sahabat situs berbagi. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silahkan Cek !! Cara Melihat Daerah Yang Bisa Membuka Penerimaan CPNS Daerah 2018!"

Posting Komentar