Terkuak !! Ternyata Inilah Alasan Pemerintah Tidak Angkat Honorer Jadi PNS Tahun Ini !

Situsberbagi.com - Selamat malam sahabat situs berbagi. Kami kembali menyapa anda dengan informasi terbaru seputar concern kami. Bulan Agustus dan September 2017, Pemerintah tengah melakukan proses seleksi CPNS 2017. Jika bulan Agustus lalu Kemenkumham dan Mahkamah Agung telah membuka 19.210 CPNS, maka bulan ini 61 Kementerian dan Lembaga serta satu Pemerintah Provinsi membuka total 17.428 Lowongan CPNS. Total pemerintah telah membuka lowongan CPNS sebanyak 36.638 formasi. Namun, dari total lowongan tersebut, tidak ada yang diperuntukkan khusus untuk honorer terutama yang telah lama mengabdi. 

Terkuak !! Ternyata Iniliah Alasan Pemerintah Tidak Angkat Honorer Jadi PNS Tahun Ini !

Dengan kata lain, jika honorer ingin menjadi PNS maka harus mengikuti seleksi CPNS dan bersaing dengan jutaan pelamar yang lainnya. Lalu apa alasan pemerintah tidak membuka lowongan CPNS untuk honorer ? Ternyata ini alasannya seperti yang dilansir dari tirto.id (09/09/2017)

"Setelah Undang-Undang ASN (Aparatur Sipil Negara) ditetapkan, maka proses pengangkatan harus melalui seleksi, tidak bisa diangkat otomatis," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Herman Suyatman saat dihubungi Tirto, Jumat (8/9).

Lebih lanjut dijelaskan "Kita negara hukum. Ada Undang-Undang ASN. Undang-Undang ASN tidak memberikan ruang pengangkatan otomatis, harus lewat seleksi. Makanya pemerintah empati tapi kita tidak punya celah hukum," ujar Herman.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan menjelaskan alasan pemerintah tidak mengangkat pegawai honorer menjadi PNS. Pertama karena pemerintahan sebelumnya sudah mengangkat sekitar 1 juta honorer. Jumlah tersebut menurutnya sudah hampir 25 persen dari total PNS yang mencapai 4,3 juta orang.

Kedua, pemerintah membutuhkan tenaga khusus daripada tenaga umum. Saat ini, dari total PNS di Indonesia, sekitar 64 persen merupakan tenaga administrasi umum. Pemerintah ingin tenaga terampil khusus untuk menyelesaikan permasalahan pemerintahan. Kini, pemerintah melakukan pendekatan analisa beban kerja sebelum merekrut PNS sehingga pemerintah berhitung betul apakah akan menerima PNS atau tidak.

sumber : tirto.id

Demikian informasi mengenai penyebab pemerintah tidak mengangkat CPNS dari honorer untuk tahun ini. Semoga ke depannya ada solusi untuk pengangkatan otomatis CPNS dari tenaga honorer. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terkuak !! Ternyata Inilah Alasan Pemerintah Tidak Angkat Honorer Jadi PNS Tahun Ini !"

Posting Komentar