Kekurangan 14 Ribu Guru PNS, Dibutuhkan Guru Agama Dan Olahraga ! Akan Direkrut Dari Honorer ?


Situsberbagi.com - Selamat pagi sahabat situs berbagi. Moratorium CPNS untuk daerah masih belum dicabut pemerintah. Artinya sampai saat ini selain kaltara yang telah membuka lowonga CPNS, belum ada daerah lain yang boleh mengangkat CPNS. Hal ini berimbas pada kekurangan PNS terlebih untuk guru dan tenaga kependidikan hampir di semua daerah di Indonesia. Penyebabnya adalah banyaknya PNS yang pensiun setiap tahun. Termasuk di Ibu Kota Negara Indonesia yakni pemprov DKI Jakarta.


Dilansir dari detik.com Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membutuhkan 14 ribu PNS untuk mengisi kekosongan guru. Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Bowo Irianto mengatakan kekosongan guru dirasakan sangat mendesak pada mata pelajaran olahraga dan agama.

"Yang dominan masih terasa banget itu kita kurang guru penjaskes dan guru agama," kata Bowo saat dihubungi, Rabu (27/9/2017). Dia melanjutkan, 

"Kemudian kekurangan guru, seperti di SMK, SMK itu kan sangat dinamis dengan perubahan kurikulum, spektrum paket keahlian," jelasnya.

"Contohnya misalnya, kurikulum untuk mata pelajaran animasi. Jurusan itu kan baru berlangsung 4-5 tahun. Lalu ada jurusan teknik kendaraan ringan, tiba-tiba ada mata pelajaran prakarya," sambungnya.

Bowo menerangkan kuota guru yang dibutuhkan saat ini di luar dari guru bantu yang ada. Dia mengatakan Pemprov DKI tidak bisa langsung mengangkat guru kontrak yang ada karena terbentur regulasi. 

"Di kontrak kan sudah dijelaskan bahwa tenaga kontrak tidak serta-merta bisa diangkat menjadi PNS. Cuma mudah-mudahan dokumen guru kontrak itu bisa menjadi lampiran pengalaman kerja. Regulasinya kan dari MenPAN-RB," sebutnya.

Pemprov DKI Jakarta kekurangan 14 ribu guru akibat moratorium PNS yang masih diberlakukan KemenPAN-RB. Setiap tahun terdapat sekitar 2.000 guru yang pensiun. Pada tahun ajaran baru mendatang, sekolah negeri di Jakarta akan terancam kekurangan guru. 

Sementara itu, kepala BKD DKI Jakarta seperti dikutip dari kompas.com mengindikasikan akan mengatasi masalah kekukarangan  ini dengan merekrut pegawai honorer
"Kami akan buat strategi darurat menggunakan regulasi yang ada, tetapi dengan lebih banyak pada diskresi gubernur. Substansinya sedang kami diskusikan termasuk dengan DPRD juga," ujar Agus saat dihubungi, Rabu (27/9/2017).

sumber : detik.com

Demikian informasi ini kami bagikan. Dengan harapan semoga pemerintah mencabut moratorium penerimaan CPNS untuk daerah. Bapak Menteri, tolong ! sekolah-sekolah di daerah kekurangan banyak guru PNS sementara banyak guru honorer yang telah siap secara kemampuan dan pengalaman untuk diangkat menjadi PNS. 

Jika anda sependapat dengan admin, mohon share informasi ini supaya menjadi viral dan sampai kepada pemerintah. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kekurangan 14 Ribu Guru PNS, Dibutuhkan Guru Agama Dan Olahraga ! Akan Direkrut Dari Honorer ?"

Posting Komentar