Gawat !!! Honor Kegiatan PNS Diusulkan Dihapus, KPK Sarankan Dialihkan,Komentar Anda?

Situsberbagi.com - Selamat Siang Sahabat Situs Berbagi. KPK usulkan Honor PNS dihapuskan dan dialihkan ke TPP. Hal ini dikarenakan honor kegiatan PNS dinilai banyak yang kurang pas. Hal ini disampaikan dalam pertemuan antara KPK dan beberapa OPD di Jambi pada 11 Juli 2017 kemarin seperti dilansir jpnn.com
Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK RI, Adlinsyah M Nasution (Choki), mengatakan, pemanggilan ini merupakan pemetaan (maping) kondisi OPD yang ada di lingkungan Pemprov Jambi.
Pertemuan ini, membicarakan terkait beberapa rencana, pembangunan sistem di masing-masing OPD.
Pertemuan itu, sambungnya, juga membahas terkait Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang diperoleh Aparatur Sipil Negara (ASN). Ke depan untuk TPP ini akan kembali dilakukan pengaturan untuk pembagiannya. Berbeda dengan saat ini, nantinya ada aspek penilaian dalam pembagian.
Pembagian TPP, sebutnya, nantinya akan diatur sesuai dengan kedisiplinan, kehadiran dan kinerja ASN. Selain itu, sebagai langkah estimasi anggaran, honorarium kegiatan akan dihapuskan. Dengan artian tidak ada lagi honor dalam pelaksanaan kegaitan.
Lantas, kenapa ini dihapuskan? Dijelaskan Choki, saat ini banyak pembayaran honor kegiatan yang tidak tepat. Penghapusan honorarium kegiatan, merupakan konsep yang ditawarkan KPK, sebagai langkah etimasi anggran.
‘’Kita menduga banyak honor-honor yang sebetulnya digunakan untuk hal-hal yang tidak pas, selama ini KPK menduga ada pembayaran yang dianggap tidak relevan,’‘ katanya.
Dana yang sebelumya dianggarkan untuk pembayaran honorarium kegiatan akan digunakan untuk dialihfungsikan ke pembayanan TPP. Dari peralihan ini efisisensi yang terjadi sekitar 10-15 persen dari anggaran honor kegiatanyang dianggarkan.
Pada dasarnya honorarium kegitan itu legal, dan ada aturan yang memayunginya, namun penggunaannya banyak tidak pas. Dan akan diminimalisir, dari kesalahan tersebut ada pengakuan dari pejabat.
Untuk itu KPK meminta komitmen dari pemerintah daerah dalam pelaksanaanya.
Untuk pelaksanaa ini, nantinya KPK akan membuat rencana aksi yang disepakati oleh Gubernur Jambi. Pasalnya di beberapa provinsi yang telah dikunjungi telah dilaksanakan dan berhasil seperti di Sumatar Utara, Sumatara Barat, dan Bengkulu.
Diharapakan, satu atau dua bulan mendatang draf untuk penerapan ini telah selesai dibuat. Penerapanya sendiri dapat dilakukan awal tahun 2018, namun apabila lebih cepat maka akan lebih baik.
‘‘Satu hal yang mau kita dorong, kegitan yang dilakukan telah sesuai dengan E-planning, dan nanti didalamnya untuk nilai kegiatan telah tertera dala E-Planning tersebut,’‘ katanya.
Dari pertemuan yang dilakukan ini, Choki mengatakan, saat ini sistem adminitrasi di Pemporv Jambi masih berantakan, dengan catatan PTPS masih manual, E-planing juga belum berjalan. Kemungkinan terjadinya sangat mungkin.
‘‘Kalupun ada juga belum terlampau memenuhi syarat. Saya tidak mengatakan ada dugaan tapi ini jaga-jaga,’‘ katanya.
Dikonfirmasi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Provinsi Jambi, Erwan Malik, mengatakan dengan beberapa usulan yang diajukan KPK, pihaknya mengaku akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan OPD yang ada di lingkungan Pemprov Jambi.
Terkait dengan elektronikisasi pelayanan, Erwan, mengatakan di beberapa OPD sudah berjalan. Namun untuk saat ini antara satu dengan yang lainnya belum teringrasi dengan baik. Dia mencontohkan, E-Planing di Bappeda sudah berjalan namun belum tersinkoron dengan E-budgeting.
‘‘Ada arahan beberapa perbaikan dari KPK terkait elektronik ini,’‘ katanya.
Untuk pengahapusan honorarium kegiatan, Erwan mangaku setuju. Pasalnya, anggaran honorarium tersebut dialihkan menjadi tambahan TPP ASN. Dan ini merupakan usulan untuk kebaikan pelayanan di lingkungan Pemprov Jambi.
sumber : jpnn.com
Nah, Bagaimana menurut anda ? Setujukah honor kegiatan PNS dihapuskan ? kemudian dialihkan ke TPP ASN/PNS ? Silahkan like, komentar dan share ke yang lain dan lihat bagaiman tanggapannya.
Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gawat !!! Honor Kegiatan PNS Diusulkan Dihapus, KPK Sarankan Dialihkan,Komentar Anda?"

Posting Komentar