Kapan Moratorium Penerimaan CPNS Berakhir ? Ini Jawaban Menpan RB

Situsberbagi.com - Selamat Siang Sahabat Situs Berbagi. Dalam 2 tahun belakangan pemerintah telah melakukan Moratorium Penerimaan CPNS artinya pemerintah tidak angkat mengangkat atau melakukan seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tak ayal, masyarakat yang telah lama mengabdi dengan harapan diangkat menjadi pegawai negeri masih harus bersabar. Tidak hanya itu, animo masyarakat termasuk sarjana fresh graduate yang ingin menjadi PNS begitu tinggi.

Baca juga : Rekrutmen Tenaga Kesehatan Periode I 2017
Yang saat ini menjadi pertanyaan yakni, sampai kapan kebijakan moratorium PNS tersebut berlangsung?
Menanggapi pertanyaan tersebut, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abrus mengatakan, moratorium penerimaan PNSyang diterapkan pemerintah, lebih pada penerimaan PNS yang sifatnya administratif.
Di sini administratif artinya, hanya memiliki kemampuan surat menyurat tanpa memiliki ketrampilan khusus. Jumlah PNS dengan kriteria tersebut menurut Asman sudah terlalu banyak. sekitar 62% PNS memiliki kemampuannya administratif, sehingga jika dilakukan penerimaan lagi, akan menumpuk.
Moratorium untuk kelompok PNS ini rencananya akan dilakukan terus hingga batas waktu yang belum ditentukan. Namun di lainj pihak, pemerintah masih membuka kesempatan berkarier menjadi PNS untuk sejumlah bidang pekrjaan yang membutuhkan ketrampilan khusus
Asman mengatakan, yang moratorium penerimaan PNS itu hanya untuk tenaga administratif, namun untuk formasi khusus tetap dibuka. Seperti tenaga kesehatan, pertanian, guru, penjaga lapas,  hakim dan peneliti.
Namun kabarnya penambahan petugas penjaga lapas pun terkendala oleh moratorium penerimaan pegawai oleh pemerintah. Padahal perbandingan jumlah peugas pengamanan dengan tahanan atau napi di rutan maupun lapas sangat mencolok.
Menurut data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), hingga akhir tahun 2015, jumlah PNS tercatat sebanyak 4.498.643. dari jumlah tersebut, 20,94% merupakan PNS di tingkat pusat dan 79,06% merupakan PNS di pemerintah daerah.
Dari total jumalh PNS tersebut, sebanyak 62% merupakan PNS administratif atau hanya menguasai surat menyurat saja. Maka dari itu untuk mengatasinya, kini Kementerian PAN RB tengah melakukan penataan.
sumber : indowarta.com
Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bermanfaat . Dan jangan putus semangat untuk menjadi PNS. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Moratorium Penerimaan CPNS Berakhir ? Ini Jawaban Menpan RB"

Posting Komentar