KEKURANGAN 5.839 ASN, PEMKAB INI SIAP SELEKSI CASN ! TINGGAL TUNGGU...


Situsberbagi.com - Selamat siang sahabat Situs Berbagi. Penerimaan CPNS masih ditutup oleh pemerintah karena Penerimaan CPNS memang masih dalam moratorium. Meskipun beberapa daerah telah menyatakan bahwa mereka kekuarangan ASN/PNS di lingkungan kerja mereka. Contohnya saja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu yang menyatakan masih kekurangan banyak sekali Aparatur Sipil Negara. Jumlahnya cukup signifikan hingga mencapai 5.839 orang. 



Jumlah itu, diketahui dari hasil analisis jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK) di lingkungan Pemkab Rohul yang telah disusun dan disampaikan ke Kemen-PAN-RB. Namun, dengan telah dilimpahkan kewenangan daerah ke provinsi dan pusat, sehubungan diberlakukannya UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.



Seperti pelimpahan bidang kehutanan pertambangan dan pelimpahan kewenangan SLTA sederajat ke provinsi dengan total  sekitar 600 ASN pindah status dari pegawai kabupaten menjadi ASN provinsi. 



Kepala BKPP Rohul Drs Fajar Shidqy menyebutkan, kendati Rokan Hulu masih kekurangan ribuan ASN sesuai dengan anjab dan ABK yang telah disusun dan disampaikannya formasi CASN ke Kemen-PAN- RB.


Namun, untuk menutupi kekurangan ASN, pemerintah daerah lebih memberdayakan ASN yang ada, serta tenaga honorer di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengefektifkan kinerja Pemkab Rohul. Mengingat sejak 2010 sampai sekarang, belum ada membuka seleksi penerimaan CASN seiring dengan masih diberlakukannya moratorium penerimaan CASN oleh pemerintah pusat.


‘’Sekarang Rokan Hulu masih kekurangan sekitar 5.839 pegawai dari 6.439 ASN sesuai anjab dan ABK untuk lima tahun ke depan. Karena terhitung 1 Januari 2017, ada sekitar 600 an ASN Rohul yang telah ditarik kewenangannya, dan pindah tugas menjadi ASN provinsi. Kita sudah sampaikan formasi CASN ke Kemen-PAN-RB untuk menutupi kekurangan ASN di Rohul,’’ ungkap Kepala BKPP Rohul Drs Fajar Shidqi, Jumat (17/3), terkait kebutuhan ASN di lingkungan Pemkab Rohul.



Dijelaskannya, dari 5.839 ASN yang dibutuhkan Pemkab Rohul untuk 5 tahun ke depan, sekitar 3 ribuan ASN untuk formasi guru, sisanya tenaga kesehatan dan teknis kantor lainnya. Sementara jumlah ASN di lingkungan Pemkab Rohul sekitar 6 ribu orang ditambah 3.458 orang tenaga honorer.


Diakuinya, usulan formasi CPNS sesuai anjab dan ABK yang telah disampaikan ke Kemen-PAN-RB pada 2015 lalu. ‘’Jadi kebijakan penerimaan seleksi CASN itu kewenangan pusat, dengan memperhatikan anggaran. Pemkab Rohul sifatnya menunggu dicabutnya moratorium CASN oleh pusat, karena kita sudah siap untuk membuka seleksi CASN sesuai dengan kebutuhan formasi CASN yang telah disampaikan,’’ ujarnya.

Kendati moratorium masih berlaku, lanjutnya, pemerintah pusat tetap ada membuka formasi CASN yakni ikatan dinas, guru garis depan, daerah perbatasan, PPT Kemenkes, penyuluh pertanian pusat yang diperbantukan di daerah.

sumber : riaupos.co

Semoga moratoruim CASN oleh Pemerintah Pusat segera dicabut ya..

Bagi rekan-rekan pengunjung situs berbagi kami akan terus mengupdate informasi untuk anda seputar Info Lowongan Kerja, Beasiswa, dan informasi PNS yang kami himpun dari sumber-sumber terpercaya. So, selalu berkunjung ke situsberbagi.com ya. Jangan lupa like Fanpage situs berbagi dan share ke rekan-rekan yang lain. Di sini kita berbagi informasi dan pengetahuan bagi sesama. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEKURANGAN 5.839 ASN, PEMKAB INI SIAP SELEKSI CASN ! TINGGAL TUNGGU..."

Posting Komentar