ADA HARAPAN ! KEKURANGAN BANYAK PNS, PEMDA BERSURAT KEPADA KEMENPAN-RB UNTUK PENUNDAAN MORATORIUM PENERIMAAN CPNS

Assalamualaikum Wr.wb
Situsberbagi.com - Selamat Pagi bagi rekan-rekan sekalian. Kekurangan yang cukup signifikan dari keberadaan ASN menunjukkan bahwa kebijakan moratorium penerimaan CPNS dinilai kurang tepat. Pemerintah Daerah nampaknya cukup kelabakan dengan ketersdiaan ASN di lingkungan kerjanya. Banyaknya ASN yang pensiun dan telah memasuki usia pensiun menjadi alasan yang logis terkait kekurangan tersebut. Salah satunya Jawa Timur. 

Pemerintah Provinsi Jatim melalui Badan Kepegawaian Daerah akan mengusulkan penundaan moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini sebagai buntut dari kekurangan jumlah PNS di Jatim, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan.
Hal ini diutarakan oleh kepala BKD Jatim, Siswo Heroetoto. Menurutnya, jumlah aparatur negara untuk beberapa dinas saat ini mengalami penyusutan yang besar.
"Dampak dari moratorium saat ini, kami kesulitan untuk mendapatkan PNS baru yang berakibat pada pengurangan jumlah PNS," ujarnya kepada Surya.
Ada beberapa profesi yang menurut pihaknya memerlukan penerimaan PNS. Di antaranya tenaga kesehatan, baik itu dokter umum, dokter spesialis, bidan, maupun perawat.
"Provinsi Jatim masih membutuhkan banyak pegawai untuk beberapa profesi tersebut," lanjutnya.
Menurutnya, penerimaan PNS untuk profesi beberapa tersebut sebaiknya harus dilaksanakan sebanding dengan PNS yang juga mengalami pensiun. Apabila hal itu tak dilakukan, dikhawatirkan akan mempengaruhi kinerja pelayanan PNS akibat besarnya volume kegiatan.
"Kami telah memiliki estimasi terkait jumlah PNS yang kami miliki sekarang, termasuk jumlah PNS yang pensiun tiap tahunnya. Yang menjadi catatan adalah PNS yang pensiun tiap tahunnya ini begitu besar. Tentu, juga akan berpengaruh pada volume kegiatan PNS aktif," jelasnya.
Berdasarkan data yang diperoleh dari laman BKD Jatim, jumlah PNS pemprov Jatim hingga akhir tahun 2016 mencapai 19763.
Dari jumlah itu, sebanyak 2.796 orang atau sekitar 15 persen di antaranya berusia lebih dari 55 tahun. Satuan kerja di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Dinas Kesehatan, dan RSUD Dr Saiful Anwar Malang menjadi tiga satker dengan PNS terbanyak, yakni berturut-turut 2.663 orang, 1.429 orang, dan 1.399 orang.
Rencananya, surat usulan yang telah ditandatangani oleh Gubernur Jatim, Soekarwo ini, akan diserahkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) minggu ini.
"Suratnya dari pak Gubernur sudah ada. Tinggal menyerahkan ke kementerian," katanya.
Tak hanya tenaga kesehatan, BKD Jatim juga mengusulkan adanya penerimaan PNS di sektor tenaga pendidik, yaitu guru.
"Jadi, dasarnya adalah usulan untuk menghentikan moratorium itu. Kami mengutamakan yang di kesehatan dan pendidikan," pungkas Siswo. 
sumber : tribunnews.com
Bagi rekan-rekan pengunjung situs berbagi kami akan terus mengupdate informasi untuk anda seputar Info Lowongan Kerja, Beasiswa, dan informasi PNS yang kami himpun dari sumber-sumber terpercaya. So, selalu berkunjung ke situsberbagi.com ya. Jangan lupa like Fanpage situs berbagi dan share ke rekan-rekan yang lain. Di sini kita berbagi informasi dan pengetahuan bagi sesama. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ADA HARAPAN ! KEKURANGAN BANYAK PNS, PEMDA BERSURAT KEPADA KEMENPAN-RB UNTUK PENUNDAAN MORATORIUM PENERIMAAN CPNS"

Posting Komentar