SAUDARAKU UMAT MUSLIM, INILAH JIHAD YANG PALING UTAMA YANG HARUS KITA LAKUKAN !

Situsberbagi.com -  Zaman sekarang ini banyak sekali gerakan-gerakan yang mengatasnamakan jihad. Mungkin yang paling terkenal adalah apa yang dilakukan oleh ISIS. Mereka melakukan tindakan-tindakan ekstermis dan radikal atas nama Jihad. Adapula yang terbaru di tanah air berbagai gerakan membela islam dan ulama pada kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok. Dalam beberapa orasi menyebutkan bahwa tindakan tersebut sebagai bentuk Jihad. 

 

Terlepas dari itu, setiap orang tentu memiliki pemahaman yang berbeda dalam memaknai Jihad. Itu dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan agama dan tentu saja Iman yang kita miliki. Namun, tahukah anda bahwa apa sih Jihad yang paling utama dalam islam ? ternyata bukan tindakan-tindakan ekstremis dan radikal,atau pergi ke medan perang dalam rangka membela agama Allah, apalagi turun ke jalan untuk demo ini dan itu. (meskipun mungkin itu juga termasuk jihad). 

Saudaraku.. Berjihad melawan hawa nafsu dan syahwat adalah jihad yang paling dasar. Tak mungkin kita dapat menjihadi musuh bila kita tak mampu menjihadi hawa nafsu sendiri.

Saudaraku.. Berjihad melawan hawa nafsu dan syahwat adalah jihad yang paling dasar. Tak mungkin kita dapat menjihadi musuh bila kita tak mampu menjihadi hawa nafsu sendiri.
Oleh karena itu Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
أَفْضَلُ الْجِهَادِ أَنْ يُجَاهَدَ الرَّجُلُ نَفْسَهَ وَ هَوَاهُ
 
Jihad yang paling utama adalah seseorang berjihad [berjuang] melawan dirinya dan hawa nafsunya” (Hadits shahih doriwayatkan oleh ibnu Najjar dari Abu Dzarr).
Simaklah faidah indah yang disampaikan oleh ibnu Qayyim ketika menjelaskan surat Al Ankabut ayat 69. Allah Ta’ala berfirman:
وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا
Dan orang orang yang berjihad di jalan Kami, Kami akan memberikan kepada mereka hidayah kepada jalan jalan Kami.” (Al Ankabut: 69).
Ibnu Qayyim rahimahullah berkata, “Dalam ayat ini Allah mengaitkan hidayah dengan jihad. Orang yang paling sempurna hidayahnya adalah yang paling sempurna jihadnya. Jihad yang paling wajib adalah menjihadi diri sendiri, menjihadi hawa nafsu, menjihadi setan dan menjihadi dunia. Siapa yang menjihadi empat perkara ini karena Allah, maka Allah akan memberinya hidayah kepada jalan jalan keridloanNya yang akan menyampaikannya ke surga. Siapa yang meninggalkan jihad maka ia akan kehilangan hidayah sejumlah jihad yang ia tinggalkan.
Al Junaid berkata, “(Maknanya) Dan orang orang yang menjihadi hawa nafsunya di jalan Kami dengan cara bertaubat, Kami akan memberikan kepada mereka hidayah kepada jalan jalan ikhlas. Tidak mungkin ia menjihadi musuhnya yang lahiriyah kecuali dengan menjihadi musuhnya yang batin. Barang siapa yang menang melawan musuhnya yang batin, ia akan menang melawan musuhnya yang lahiriyah. Dan siapa yang kalah oleh musuhnya yang batin, ia akan dikalahkan oleh musuhnya yang lahiriyah” (Fawaidul Fawaid hal. 177).

sumber : muslim.or.id

demikian artikel ini semoga menambah wawasan kita akan indahnya Islam ini. Amin

Bagikan ke rekan-rekan yang lain, semoga bernilai ibadah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SAUDARAKU UMAT MUSLIM, INILAH JIHAD YANG PALING UTAMA YANG HARUS KITA LAKUKAN !"

Posting Komentar