PERNAH MENINGGALKAN SHALAT ? ANDA HARUS TAHU INI



Situsberbagi.com - Saudaraku umat muslim, pernahkah anda meninggalkan shalat ? walau hanya satu shalat fardhu sekalipun ?Jika jawabannya adalah pernah. Sebaiknya anda segera bertaubat karena hukumannya sangat dahsyat. Dan jangan pernah meninggalkannya lagi. 
 

Rasulullah SAW, Bersabda,“ Siapa yang meninggalkan shalat hingga terlewat waktunya,kemudian ia mengqadhanya, maka ia akan disiksa dalam neraka selama satu huqub. Satu huqub itu adalah 80 tahun, dan satu tahun terdiri dari 360 hari. Sedangkan ukuran satu hari (di akhirat) adalah 1.000 tahun (di dunia).“ (Majalisus Abrar).

Di dalam lughat, huqub artinya waktu yang sangat panjang. Tetapi menurut kebanyakan hadits, bermakna seperti di atas yaitu 80 tahun. Perhitungan demikian tertulis dalam kitab Darul Mantsur.
Ali r.a pernah ditanya oleh Hilal Hijri r.a  “ Berapa lamakah satu huqub itu?“ kemudian Ali r.a menjawab  “satu huqub adalah 80 tahun dan satu tahun adalah 12 bulan, dan setiap bulan adalah 30 hari, dan satu hari di akhirat sama dengan 1.000 tahun di dunia“.
Begitu beratnya hukuman yang akan kita terima jika meninggalkan satu sholat saja secara sengaja tanpa alasan yang dapat diterima secara syariat. Satu shalat yang ditinggalkan adalah 80 tahun di Neraka sementara satu 1 hari di akhirat setara 1.000 tahun di dunia. Artinya meninggalkan shalat dapat dikatakan selamanya di neraka.
Dalam hadits yang lain bahkan digambarkan bahwa orang yang meninggalkan shalat adalah orang yang sengsara.  Pada satu ketika Ibnu Abbas r.a menceritakan bahwa Rasulullah bersabda, “Katakanlah, 'Ya Allah, janganlah salah seorang dari kami dijadikan orang-orang yang sengsara.' Kemudian Rasulullah saw. Bersabda, “Tahukah engkau, siapakah orang yang sengsara itu ?Para sahabat r.hum. menjawab,“ Orang yang sengsara adalah orang yang meninggalkan shalat. Dalam Islam mereka tidak akan mendapatkan apapun“.

Disebutkan dalam hadits yang lain bahwa barang siapa yang meninggalkan shalat tanpa alasan yang dibenarkan oleh syariat,maka pada hari kiamat Allah swt  tidak akan mempedulikannya, bahkan Allah swt akan menyiksanya dengan azab yang sangat pedih.  Disebutkan juga bahwa orang yang meninggalkan shalat adalah satu dari 10 golongan yang akan disiksa dengan berat sekali. Dimana kedua tangannya akan dibelenggu, malaikat akan memukul wajah dan punggungnya terus menerus. Jannah akan berkata kepadanya “Kamu tidak akan mempunyai hubungan apapun dengan ku dan aku tidak diperuntukkan bagi orang-orang sepertimu“ Kemudian Jahannam akan berkata  “Mari,  kemarilah, kamu adalah untukku dan aku untukmu“.
Saudaraku umat muslim, mari kita sama-sama berusaha untuk tetap mendirikan shalat. Kita sudah sama-sama mengetahui beratnya hukuman yang akan kita terima jika melalaikan shalat. Jika satu shalat saja sudah begitu dahsyat, bagaimana dengan banyaknya shalat yang kita tinggalkan ?. Ini baru urusan shalat, belum ditambah dengan dosa-dosa yang lain yang tidak terhitung.

Bagi yang sudah terlanjur banyak shalat yang ditinggalkan, jangan berkecil hati. Allah maha pengampun jika kita mau bertaubat dan mengganti kelalaian kita tersebut dengan kembali mendirikan sholat dan menambahnya dengan amal-amal ibadah yang lain. Semoga setelah ini tidak ada yang melalaikan apalagi meninggalkan sholat. Seraya berdoa semoga kita senantiasa diberikan hidayah oleh Allah swt. Amin
Refrensi : Himpunan Fadilah Amal karya Zaadul Maad.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERNAH MENINGGALKAN SHALAT ? ANDA HARUS TAHU INI"

Posting Komentar