NAMA KITA DISEBUT ALLAH DI MAJELIS PARA MALAIKAT, INI CARANYA !

Situsberbagi.com - Bagaimana perasaan anda jika nama anda disebut oleh orang besar ? Pejabat, atau orang yang berpengaruh di sekitar anda ? tentu saja anda akan merasa bangga dan bahagia. Katakan saja nama anda dielu-elukan oleh seorang bupati, gubernur, atau bahkan presiden di hadapan banyak orang. Tentu itu akan menaikkan popularitas, kehormatan dan derajat anda. Lalu bagaimana jika Allah menyebut nama anda di hadapan para malaikat ? pasti sangat luar biasa bangga dan bahagia. Nah tahukah anda jika Allah mengutus beberapa malaikat untuk menyebar ke seluruh dunia guna mencari orang-orang beriman yang sedang berkumpul di majelis dalam rangka mengingat Allah. Majelis inilah yang disebut sebagai majelis ilmu atau dzikir.


Ayat-ayat akan memenuhi majelis tersebut dan para pesertanya terus membaca ayat tersebut serta memahami maknanya. Selain itu, mereka juga mempraktikkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Nabi Muhammad SAW menyebutnya dengan istilah kebun-kebun surga di bumi. Bahkan nabi menganjurkan setiap umatnya untuk menempati dan menikmati sajian hidayahnya jika melewati majelis tersebut melalui bacaan dzikir harian.

Suatu hari nabi mendatangi para sahabatnya yang sedang ramai berkumpul. Banyak sahabatnya yang berkumpul pada saat itu, kemudian nabi bertanya mengenai apa yang dikerjakan para sahabatnya di sana. Dengan santun, mereka menjawab bahwa mereka berkumpul untuk berdzikir dan memanjatkan pujian pada Allah untuk mengingat-Nya karena banyaknya hidayah yang telah diberikan oleh Allah hingga mereka beragama Islam.

Jawaban sahabatnya ini terdengar takut jika berbuat salah, kemudian nabi berkata bahwa beliau tidak memerintahnya untuk bersumpah karena beliau menaruh curiga. Namun, malaikat Jibril telah memberitahukan jika Allah telah membangga-banggakan mereka di majelis malaikat Allah.

Orang-orang yang beriman lebih mulia dari umat manapun. Meskipun mereka memiliki nama yang terkesan katrok, seperti Tarjo, Tarno, Paijo dan tidak sekeren nama Ribert, Alex, Ronald, atau lainnya, tapi nama mereka akan disebut-sebut di majelis malaikat-Nya yang sangat mulia. Cara berdzikir yang benar harus kita pelajari agar mendapatkan ridho Allah.

Terdapat keutamaan lain yang akan diberikan pada orang beriman yang sedang duduk untuk berdzikir menyebut nama Allah SWT. Dia telah berjanji pada orang yang beriman bahwa malaikat akan diutus untuk menaungi dan mengelilingi sambil mendoakannya, ketenangan akan dihamparkan, dan rahmat akan mengucur. Rasululllah juga menjelaskan bahwa nama orang yang beriman akan selalu disebut dalam majelis malaikat.

Hal ini mengajarkan pada kita betapa dahsyatnya manfaat berdzikir. Dzikir adalah salah satu amalan yang mudah untuk dilakukan tapi balasannya sangat besar. Kita dapat berdzikir, kapan pun dan dimana pun, baik ketika duduk, berjalan, berbaring, atau keadaan lainnya. Berdzikir akan membuat kita semakin dekat dengan Allah karena kita senantiasa menyebut nama-Nya. Salah satu caranya adalah dengan berdzikir setelah shalat agar bisa selalu dilakukan setiap hari.

Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui bahwa derajat seseorang tidak terletak pada kekayaannya, ataupun bagus tidaknya nama. Tetapi, derajat seseorang dipengaruhi oleh keimanan pada Allah. Meskipun ia miskin dan memiliki nama tidak keren, tetapi selalu beribadah maka Allah akan meninggikan derajatnya di hadapan Allah. Karena yang terpenting adalah bagaimana Allah melihat dirinya daripada pandangan sesama manusia terhadap dirinya.

Sebagai seorang muslim, kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar lebih dekat dengan Allah. Amalan yang mudah ini bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja sehingga dalam keadaan apapun kita masih bisa berdzikir menyebut nama Allah. Tak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak mengingat Allah.

Jadi, jika kita ingin nama kita dielu-elukan di hadapan atau majelis malaikat, hendaknya kita banyak-banyak mengikuti majelis ilmu dan perbanyak zikir. Semoga setelah ini kita menjadi lebih banyak meluangkan waktu kita untuk menghadiri majelis-majelis ilmu yang selain akan meningkatkan pengetahuan kita juga akan membuat kita menjadi mulia. Selain itu juga perbanyak dzikir kepadaNya yang akan membuat kita menjadi lebih tenang dan sejuk. amin

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "NAMA KITA DISEBUT ALLAH DI MAJELIS PARA MALAIKAT, INI CARANYA !"

  1. wah ane udah mengerti sekarang fakta nama udin ,apa itu benar" asli gan???. Ane catat ya di buku pr sekolah hehe ^_^

    BalasHapus