Wajah Baru Rupiah !!


Situsberbagi.com - Pada hari senin tanggal 19 Desember 2016 merupakan salah satu tonggak sejarah bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, Pemerintah melalui Bank Indonesia telah me-launching uang rupiah baru yang dapat digunakan masyarakat Indonesia khusunya untuk bertransaksi. Bank Indonesia secara resmi telah mengeluarkan desai terbaru untuk 11 seri mata uang rupiah. Seri uang rupiah untuk Tahun Emisi (TE) 2016 ini  terdiri dari 7 uang kertas dan 4 uang logam. Peresmiannya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

Nah bagi anda yang tidak hadir dalam persemiannya, atau gak sempat lihat beritanya di TV maupun di Koran, berikut situsberbagi.clom membagikan artikel tentang uang seri terbaru kita. 

1. Pecahan nominalnya tidak berubah hanya saja terjadi perubahan pada design uang dan gambar pahlawan yang tertera pada uang tersebut.

Bagi yang belum memiliki uang seri terbaru perlu diketahui bahwa nominal tidak berubah. Perubahan hanya pada desain gambar pahlawan yang tercetak pada uang. Beberapa pahlawan baru yang ada pada uang baru di antaranya. Ir. H. Djuanda Kartawijaya yang menggantikan I Gusti Ngurah Rai pada uang pecahan Rp. 50.000. Dr. G.S.S.J Ratulangi gantikan Oto Iskandar Dinata Pada uang Rp. 20.000. Franskaisepo menggantikan Sultan Mahmud Badarudin pada uang Rp.l0.000 dan Dokter Idham Khalid menggantikan Tuanku Imam Bonjol pada pecahan Rp.5.000. Adaj juga Muhammad Husni Tamrin yang menggantikan Pangeran Antasari serta Tjut Mutiah menggantika kapitan pattimura pada pecahan Rp. 1.000.
Perubahan juga terjadi pada uang logam yang dulu hanya dihiasi gambar burung garuda dan nominal pecahan yang baru menampilkan sosok pahlawan juga lho. 
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar berikut : 


2. Mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan Indonesia 
 Penggantian gambar pahlawan pada mata uang kita salah satu tujuannya adala untuk memperkenalkan pahlawan-pahlawan lain yang juga ikut berjasa bagi bangsa Indonesia. Pahlawan yang yang menjadi wajah baru pada uang rupiah ini adalah pahlawan yang selama ini mungkin baru kita dengar namanya. Seperti misalnya Frans Kaisiepo, sosok pahlawan ini jadi wajah baru di uang rupiah dan berasal dari Papuah. beliau adala wakil papua dalam Konfrensi Malino untuk Pembentukan Republik Indonesia Serikat pada tahun 1946. Luar biasa kan. ?
Nah begitupula pahlawan yang lain pasti memiliki jasa yang tidak kalah besar bagi kehidupan Bangsa Indonesia saat ini. Tertarik menjadi wajah baru mata uang Indonesia ? Jadilah pahlawan..hehe

Sumber : Hipwee.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wajah Baru Rupiah !! "

Posting Komentar