UJIAN NASIONAL LANJUT ATAU TIDAK ??

 
Situsberita.com - Bagi sebagian besar pelajar di Indonesia, Ujian Nasional merupakan momok yang begitu menyeramkan. Bagaiman tidak, untuk pelajar SMP dan SMA misalnya menempuh pendidikan selama 3 tahun dan hasilnya hanya diukur lewat 3 sampai 6 hari Ujian Nasional. Jika lulus maka hasil belajar selama 3 tahun tersebut bisa dibilang berhasil. Baik dari sisi siswanya sendiri sekaligus menjadi tolok ukur berhasil tidaknya guru dan perangkat pendidikan yang telah dilaksanakan oleh para stakeholder. Namun sebaliknya, jika gagal maka bukan hanya siswanya yang gagal namun juga merupakan kegagalan dari guru, kepala sekolah, dan para pelaksana penyelenggaraan pendidikan. Sementara ujian nasional bukanlah perkara yang mudah.

Banyak kalangan mulai dari orang tua hingga guru menyatakan ketidaksetujuan mereka dengan sistem kelulusan menggunakan ujian nasional. Sehingga beberapa tahun terakhir telah dilakukan modifikasi dimana penentuan kelulusan bukan hanya dari hasil ujian nasional. Namun tetap saja gaung untuk menghentikan ujian nasional terus santer terdengar. Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang memiliki hasrat besar agar ujian nasional (UN) dimoratorium.
Harapan itu disampaikan saat dia mengisi acara pendidikan yang dihelat Fraksi Golkar di Gedung DPR RI, Rabu (14/12).
"Kalau ditanya apa ingin ini (moratorium UN) lolos, ya pastilah. Wong itu sudah diusulkan, tapi saya kan pembantu presiden. Jadi saya terserah presiden," ujarnya. Dia menyampaikan, penolakan moratorium UN disampaikan Wapres Jusuf Kalla.
Namun, itu belum keputusan final karena masih menunggu keputusan kabinet terbatas nanti.
‎"Saya tidak dalam kapasitas siapa yang dukung dan enggak. Saya profesional saja. Setelah kami kaji, kami sampaikan ke Komisi X lalu mayoritas sudah oke. Lalu diajukan ke presiden dalam rapat kabinet paripurna, kesimpulan sementara dari wapres itu ditolak. Nanti masih ada tindak lanjut rapat kabinet terbatas. Kalau memang moratorium UN kami persiapkan. Bila keputusannya tidak ya nanti lah‎," tandasnya.
Muhadjir juga memberikan klarifikasi bahwa rapat pekan bukan bukan ratas, melainkan rapat kabinet paripurna.
 "Jadi tidak ada masukan, hanya akan dilanjutkan. Istilahnya presiden supaya nanti ada pendalaman pada rapat kabinet terbatas," terangnya
Nah, keputusan terakhirnya ternyata adalah restu dari Bapak Presiden kita Bapak Joko Widodo.
Bagaimana adik-adik Pelajar ? Setujukah jika Ujian Nasional ditiadakan?

Source : JPNN.Com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UJIAN NASIONAL LANJUT ATAU TIDAK ?? "

Posting Komentar