Tips Jitu Bisa Menabung 1 Juta Per Bulan

 
Bagi Anda yang baru lulus alias fresh graduate, aktivitas menabung mungkin memang cukup berat di samping karena gaji biasanya standar UMR atau UMP, Fresh Graduate juga biasanya belum memiliki posisi yang tinggi di perusahaan tempat bekerja. Namun bukan berarti anda tidak bisa menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk menabung. Asal di manage dengan baik, menabung walaupun tidak banyak. 
Jika diperhatikan, ternyata bukan hanya fresh graduate aja yang kesulitan menabung, bahkan pekerja atau masyarakat lain yang sudah cukup lama bekerja maupun berusaha bisa jadi kesulitan menabung. Oleh karenanya perlu suatu cara yang secara disiplin dilakukan untuk bisa menyisihkan penghasilan untuk ditabung. Dalam salah satu artikel yang saya baca di Harianindo.com yang mengutip dari merdeka.com, ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya bisa menabung, minimal 1 juta perbulan-dengan asumsi UMR 3 Juta/Bulan.

1. Pangkas Biaya Tempat Tinggal
 Bekerja di tempat yang dekat dengan rumah atau wilayah domisili tentu merupakan satu keuntungan bagi Anda karena bisa tinggal dengan orang tua tanpa membayar biaya kos. Akan tetapi bagaimana jika anda bekerja di wilayah yang cukup jauh dari rumah. Tentu anda harus mengeluarkan biaya kos. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Semarang harga kos bisa bervariasi sesuai dengan tingkat kenyamanannya. Misalnya di wilayah-wilayah tertentu di Jakarta, Anda bisa membayar kos 1 sampai 3 juta perbulan. Pilihlah wilayah-wilayah yang murah dan sesuaikan dengan penghasilan anda. Akan lebih baik jika Anda memiliki teman dan sekamar supaya biaya bisa di share.

2. Bawa Bekal

Makan bisa menjadi pengeluaran yang paling menguras penghasilan anda. Apalagi jika anda terbiasa makan siang di tempat-tempat nongkrong seperti kafe dan restoran. Sebenarnya walau hanya dengan Rp. 20.000 atau Rp. 25.000 anda bisa makan enak. Misalnya dengan memasak nasi sendiri kemudian lauknya dibeli (jika tidak punya waktu untuk memasak). Dengan demikian anda bisa berhemat banyak di pos pengeluaran yang satu ini.

3. Olahraga Ringan

Susah bukan menjadi rahasia lagi jika biaya berobat ke dokter mahal. Sehingga orang kebanyakan melakukan olahraga-olahraga mahal seperti fitnes, membeli peralatan olahraga-olahraga mahal, nutrisi yang mahal. Namun sebenarnya tidak perlu lebay, olahraga ringan seperti jogging dan jalan kaki juga bisa menjadi alternatif olahraga sehat yang murah bahkan gratis. Jadi buang rasa malas anda untuk berolahraga.

4. Kurangi Nongkrong/ Hang Out
Jika sebelumnya anda hobi nongkrong di mall atau nonton bioskop, Anda sebaiknya me-review kembali berapa jumlah uang yang anda keluarkan untuk kegiatan anda ini. Yups, pasti jumlahnya signifikan apalagi intensitasnya sering. Bisa jadi pos anggaran ini jauh lebih mahal dari biaya makan anda sehari-hari. 

Jika dikalkulasi, dengan asumisi di atas penghasilan anda 3 juta anda bisa menghitung pengeluaran anda targetkan maksimal 2 juta dengan rincian kos 700.000, makan 750.000, dan Pulsa dan bensin 250.000 sehingga dengan begitu anda bisa menabung 1 juta tiap bulan.
Akan lebih baik lagi jika anda menemukan solusi lain untuk bisa menabung misalnya dengan mencari tambahan penghasilan lain seperti melalui lembur, freelance, ngeblog dll. 
satu lagi jangan abaikan investasi, karena selain dapat menjadi tambahan penghasilan investasi juga bisa menjadi tabungan masa depan anda.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Bisa Menabung 1 Juta Per Bulan"

Posting Komentar