Mencengangkan !!! Penyebab Hari Minggu Libur, Ternyata ...


 
situsberbagi.com - Setiap negara di Dunia memiliki setidaknya 1 hari libur dalam 1 pekan. Ada yang hari liburnya hari Jum'at. Ada yang hari sabtu. Dan sebagian besar negara di Dunia menjadikan hari minggu sebagai hari libur. Ternyata mereka memiliki alasan dan latar belakang masing-masing dalam menentukan hari libur. Misalnya saja negara-negara yang menentukan hari libur pada hari Jum'at di antaranya negara-negara islam di Timur Tengah. Arab Saudi yang mayoritas penduduknya muslim menjadikan hari Jumat sebagai hari libur. Alasannya supaya masayarakat bisa total melakukan rangkaian solat jumat dan ibadah lainnya.

Pun begitujuga dengan negara Israel yang menjadikan hari sabtu sebagai hari libur. Israel yang mayoritas memeluk agama kristen menjadikan sabtu sebagai hari libur supaya membuat mereka nyaman melakukan ibadah.

Nah, Bagaimana dengan Indonesia ? Seperti yang kita ketahui hari libur reguler di Indonesia ditentukan pada hari minggu. Apakah ada hubungannya dengan peribadatan ? Dalam laman dream.co.id termuat sejarah kenapa di Indonesia hari libur ditentukan pada hari minggu. 

Ternyata sebagian besar negara di Dunia termasuk Indonesia dalam kaitannya dengan hari libur pada hari minggu sangat terkait dengan Bangsa Romawi. Konon pada masa jayanya, Bangsa Romawi yang menguasai banyak negara-negara Eropa dan secara tidak langsung menanamkan paham yang mereka yakini. Pada masa itu Bangsa Romawi yang berpusat di Italia memiliki keyakinan bahwa hari Minggu adalah hari yang paling baik untuk beribadat. Sehingga mereka meliburkan semua aktivitasnya pada hari itu. 

Beberapa negara yang dikuasai Bangsa Romawi pada masa itu di antaranya Belanda, Inggris, Prancis hingga Jerman. Dari nama-nama negara tersebut jelas merupakan negara-negara yang dalam sejarah telah melakukan ekspansi secara luas di seluruh Dunia. Mereka adalah negara-negara "penjajah" yang bukan hanya melakukan penjajahan tetapi juga menyebarkan faham yang mereka yakini. Selain mengeksploitasi negara jajahan mereka juga menanamkan berbagai faham di negara-negara taklukan.

Indonesia yang telah 3 setengah abad dijajah oleh Belanda juga kena imbasnya. Sejak berkuasa, pihak Belanda menetapkan hari Minggu sebagai hari libur. Yang kemudian diikuti oleh Bangsa Indonesia bahkan hingga sekarang. Meskipun pada masa merebut kemerdekaan, peran islam sangat dominan bahkan hingga pemerintahan terbentuk pasca ikrar kemerdekaan. Pemerintah tetap mengikuti pola lama yang ditinggalkan oleh Belanda. 

Berangkat dari itu, banyak sekolah - sekolah dan pesantren-pesantren berbasis muslim menetapkan sendiri hari libur pada hari Jumat. Namun secara umum dan diakui oleh pemerintah adalah hari libur. 

Ternyata itu dia guys, sejarah kenapa hari minggu oleh sebagian besar negara di Dunia termasuk Indonesia dijadikan sebagai hari libur regular. 

sumber : Dream.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencengangkan !!! Penyebab Hari Minggu Libur, Ternyata ..."

Posting Komentar