Dosa Kita Diampuni ? Ini dia Indikasinya


Manusia adalah Makhluk yang sempurna, namun kita sama-sama menyadari bahwa manusia tidak akan pernah luput dari salah dan lupa. Sehingga baik tanpa disadari maupun dengan sadar kita telah banyak melakukan kesalahan-kesalahan yang berpotensi menambah pundi-pundi dosa kita. Dosa yang kian banyak tentu akan mengarahkan kita kepada Neraka.
Oleh karenanya banyak hal yang dilakukan manusia untuk menghapus dosa-dosanya, mulai dari bertaubat hingga menggantinya dengan kebaikan-kebaikan. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita telah diampuni oleh Allah swt dan bagaimana mengetahuinya ?
Dalam artikel yang diterbitkan di site islampos.com, berikut adalah ciri-cirinya :
 
1. Kelelahan
Kesusahan pertama yang diberikan Allah kepada manusia adalah merasa lelah. Terlebih lagi ketika seseorang telah bekerja sekian lama tanpa istirahat. Tentunya ia akan merasakan kelelahan yang teramat sangat. Bahkan kelelahannya tersebut membuat ia sulit untuk melakukan kegiatan lainnya. Namun yakinlah, Allah akan menghapuskan dosa-dosa di masa lampau apabila kita mampu bersabar menghadapi kelelahan yang melandanya. Bahkan setiap keringat yang dikeluarkan dalam hal-hal yang syar’i akan bernilai ibadah dimata Allah.

 2. Sakit
Kesusahan kedua yang diberikan Allah kepada manusia adalah merasakan sakit. Hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan. Tidak ada satu manusia pun yang tidak pernah merasakan sakit. Bahkan rasa sakit yang Allah berikan terasa begitu sangat menyiksakan. Sehingga apabila kita mampu bersabar dan tidak mengeluh atas penyakit tersebut, maka dosa-dosa yang kita lakukan akan digugurkan oleh Allah. Oleh sebab itu, ketiksa sakit maka bersabarlah sambil terus mencari penawarnya.

 3. Kekhawatiran
Kesusahan selanjutnya yang diberikan Allah adalah muncul rasa kekhawatiran. Kekhawatiran apabila tidak segera diatasi dengan baik, maka bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, serahkanlah segala urusan kepada Allah. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dan berdoa, hasilnya biarlah Allah yang akan menentukan. Dengan demikian, hati akan menjadi lebih tenang sebab apa yang Allah berikan adalah yang terbaik bagi hamba-Nya.

4. Gangguan-gangguan
Kesusahan yang juga diberikan Allah kepada manusia adalah munculnya gangguan-gangguan dalam kehidupan. Gangguan ini bisa datang dari berbagai sisi. Bahkan di saat kita melakukan hal yang baik sekalipun, selalu ada saja gangguan yang akan menghalang-halangi. Sehingga apabila kita mampu bersabar dan yakin, maka hal tersebut bisa teratasi. Selain itu, dosa-dosa pun berguguran. 
 
 5. Kesedihan
Kesulitan terakhir yang Allah berikan kepada manusia untuk menghapuskan dosa-dosanya adalah berupa kesulitan. Tidak ada seorang pun yang tidak pernah merasakan kesedihan. Namun segala kesedihan dan duka yang menimpa seorang manusia melainkan sebuah ujian dari Allah. 
Nah,itu dia lima kesusahan yang bisa jadi indikasi dosa-dosa kita terhapus. Intinya adalah ketika kita mengalami kesusahan-kesusahan yang harus kita lakukan adalah segera minta ampun, bertaubat dan sabar atas kesusahan tersebut. Kesusahan apapun dan seberat apapun itu pasti ada ujungnya. Jika kita ikhlas -- dengan tidak mengeluh -- kesusahan akan berbalik menjadi kebahagiaan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dosa Kita Diampuni ? Ini dia Indikasinya"

Posting Komentar