Bangga Indonesia !! Pemerintah Bangun Pabrik Rudal Terbesar di Asia


Situsberbagi.com -Bangga...Mungkin itu lah yang kita rakyat Indonesia katakan jika mendengar bahwa negara kita memiliki sesuatu yang terbesar di antara negara lain atau antara sekelompok negara dan kawasan. Apapun itu, ketika kita memiliki sesuatu entah kemajuan maupun fisik yang tidak dimiliki negara lain. Misalnya kita memiliki daerah wisata terbaik di Dunia di Bali, Atau punya Masjid terbesar di Asia Tenggara yakni Istiqlal. Atau ketika tim Kopasus kita menjadi yang terbaik ketika kompetisi menembak di Australia beberapa waktu lalu. Bangga menjadi Indonesia !
 Nah sebentar lagi kita patut bangga karena kita akan memiliki Pabrik Rudal terbesar di Indonesia Lho. Wow.. rasanya gimana gitu. Ya tentu saja selain itu akan menjadi penyokong keamanan dan kedaulatan Bangsa Indonesia, hal ini akan berdampak pada ekonomi, politik dan nama besar Indonesia di dunia internasional. Kita akan lebih disegani negara lain. 

Adalah PT Dahana (Persero) yang tengah menggarap proyek ambisius. BUMN produsen bahan peledak dan senjata tersebut dan sedang membangun pabrik komponen rudal dan roket pertama serta terbesar di Asia. Pabrik akan dibangun di atas lahan seluas lima hektar. Lokasinya di Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat. 
Andri Pugiantoro selaku Senior Manajemen Aset PT Dahana (Perero) mengatakan, pembangunan pabrik propelan (bahan kimia) tersebut ditargetkan harus selesai dalam kurun waktu selama 3 tahun ke depan. 
"Jika pabrik ini sudah selesai, maka akan mampu memproduksi hingga 800 ton Propelan per tahun, Ini pertama di Asia, dan baru ada di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Subang, yang diharapakan pembangunan pabriknya ini bisa selesai sesuai dengan target," ujarnya. 
Seperti diketahui, propelan merupakan sejenis bahan kimia yang digunakan untuk komponen pembuatan rudal dan roket.  
Dijelaskannya, selama ini Indonesia selalu mendatangkan propelan untuk bahan baku rudal dan roket dari luar negeri, tetapi ke depan, 
Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri, sehingga akan mendatangkan devisa negara, apalagi bahan bakunya 60 persen ada di Indonesia.
"Propelan sendiri terdiri dari senyawa fuel, oksidator, dan adiktif. Proses pengayaan senyawa tersebut menghasilkan propelan base, dengan fuel, dan oksidator, yang terpadu dalam satu senyawa kimia, seperti nitroselulosa, nitrogliserin dan nitroguaridin, yang menjadi bahan baku rudal dan roket," imbuhnya. 
Proyek ini bukan hanya isapan jempol semata, ditandai dengan sudah dibangunnya pabrik Nitro Gloserin (NG) dan pabrik Nitro Celullose (NC) yang menjadi bahan utama pembuatan propelan di kawasan Energetic Material Center (EMC). Untuk diketahui, proyek mega besar se-Asia ini akan menelan biaya investasi mencapai 5 Triliun Rupiah seperti yang disampaikan oleh Andri Pugiantoro.
Wow.. Lumayan fantastis yah.. tapi sebanding dengan nilai yang akan diperoleh. Bangga Indonesia, teruslah membangun.

source : jawapos.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bangga Indonesia !! Pemerintah Bangun Pabrik Rudal Terbesar di Asia"

Posting Komentar