10 Tips Menjadi Manajer (Pribadi) yang Sukses

 
Situsberbagi.com - Menjadi seorang manajer bagi sebagian besar orang dipandang sebagai sesuatu yang sangat mengesankan. Kelihatannya sangat hebat. Ibarat sebuah berlian yang berkemilau, semua orang sangat ingin memilikinya. Sesuatu seperti ini lazimnya bukan hal yang dapat diperoleh dengan cara yang mudah dan instan.Banyak manajer bahkan memulainya dari titik paling bawah dan untuk mencapai posisi ini mereka telah berjuang sangat keras. 

Jika meraihnya adalah hal yang sulit, maka menjalaninya bisa jadi jauh lebih sulit. Sama seperti pepatah mempertahankan jauh lebih sulit daripada meraih. Nah berikut beberapa tips menjadi manajer yang sukses

1. Memberikan delegasi yang baik
Seorang manajer bertanggung jawab untuk mengetahui siapa yang tepat untuk dipilih mengerjakan sebuah tugas atau proyek tertentu. Untuk ini, manajer harus memperhatikan potensi serta keterbatasan dari masing-masing anggota timnya. Dengan ini pula dibutuhkan analisis dan observasi secara intens. Ketika tepat dalam mendelegasi, maka tim akan mencapai kesuksesan bersama
2. Memimpin dengan contoh
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika meminta anggota tim untuk bekerja atau melakukan pekerjaan dengan suatu hal tertentu, manajer perlu memastikan bahwa ia juga melakukan hal yang sama. Anggota tim akan mengikuti bagaimana manajer-nya, sehingga berhati-hatilah dalam membuat keputusan dan menetapkan aturan yang ingin dijalankan anggota tim.
3. Memberikan motivasi dengan cara tepat
Seorang manajer juga harus mampu memberikan motivasi dan semangat kepada tim ketika menghadapi pekerjaan atau tugas yag sulit agar tidak mengalami frustasi hingga kegagalan. Memberikan motivasi akan membuat tim lebih percaya diri dan meningkatkan kualitas diri mereka masing-masing.
4. Berikan saran yang membangun
Bila anggota tim ada yang melakukan kesalahan atau kegagalan, seorang manajer yang benar adalah memberikan saran yang membangun. Jadi, bukan dengan memarahi atau membentak-bentak anggota tim. Beritahu kesalahan atau kekurangan mereka dan tunjukkan bagaimana seharusnya mereka bertindak. Selain membantu mereka menyadari kesalahan, ini juga akan membuat mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama dan tetap fokus pada tujuan tim.
5. Tahu bagaimana menjaga kebersamaan tim
Anggota tim tentu memiliki berbagai sifat dan karakter. Tidak jarang di antara mereka memiliki masalah, ego, hingga konflik. Inilah yang juga menjadi tanggun jawab seorang manajer, dimana harus tahu bagaimana tetap menjaga kebersamaan tim dan menjadi tim terhindar dari konflik ketika sedang bekerja.

6. Bertanggung jawab atas kesalahan
Manajer juga tidak lepas dari kesalahan dalam pekerjaan. Bila hal ini terjadi, jangan menghindar! Terimalah kesalahan dan bertanggung jawab atas hal tersebut. Segera ambil tindakan terbaik dan meminta maaf kepada rekan terkait karena kesalahan yang telah dilakukan. Sikap ini akan menunjukkan profesionalitas serta karakter seorang pemimpin sukses.
7. Berkomunikasi dengan baik
Komunikasi menjadi dasar terpenting dalam membangun tim dan mengarahkannya untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Manajer harus mampu berkomunikasi dengan seluruh anggota tim untuk menjelaskan tujuan serta target sasaran. Tidak hanya komunikasi secara lisan, namun juga tulisan dan bahasa tubuh. Juga belajarlah untuk menggunakan kata-kata sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi.
8. Tetap seimbang
Jadilah seorang yang seimbang, baik dari pikiran, hati, serta tindakan. Untuk mencapai keberhasilan sebuah proyek, hal ini sangat dibutuhkan. Dan, ketika seimbang sebagai seorang individu, maka selanjutnya akan memberikan keadilan kepada tim kerja.
9. Buang ego
Kesampingkan ego ketika di lingkungan kerja. Manajer yang sukses bekerja tidak dengan ego-nya sendiri. Setiap perbedaan dan saran dari berbagai anggota tim akan didengarkan, kemudian didiskusikan untuk mendapat satu keputusan bersama. Pada akhirnya, pekerjaan akan berjalan lancar serta mencapai hasil maksimal.
10. Meminta masukan dari anggota tim
Untuk meningkatkan kualitas diri seorang manajer, dibutuhkan sikap terbuka serta saran dari anggota tim mengenai kinerja secara keseluruhan. Ini juga dapat membantu manajer mengoreksi diri, memperbaiki kesalahan, dan memunculkan ide-ide baru yang kreatif. Cara ini akan membuat anggota tim merasa dihargai dan didengarkan masukannya
Nah itulah beberapa tips menjadi manajer yang sukses. Hal ini juga bisa anda terapkan lho dalam keluarga, tim, kelas,dan kelompok lainnya. 



 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Menjadi Manajer (Pribadi) yang Sukses"

Posting Komentar