Waspada Skimming ATM - Tips Menghindari Skimming


Assalamualaikum Sahabat saya yang baik hatinya... hehe.. udah kayak MT aja..
Akhir-akhir ini utamanya bagi teman teman yang tinggal di Mataram dan sekitarnya (Lombok - Nusa Tenggara Barat) sempat dihebohkan dengan kejadian kehilangan uang secara tiba-tiba di rekening. Namun ternyata bukan hanya di Mataram, tetapi hal serupa juga terjadi di beberapa tempat lainnya seperti di Banjarmasin dan Denpasar. Banyak nasabah Bank yang melaporkan kejadian tersebut ke Banknya, dan pihak Bank telah mengkonfirmasi bahwa itu adalah tindakan yang melawan hukum yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab dan segala kerugian akan ditanggung oleh pihak Bank. 
Tahukah teman-teman tindakan melawan hukum tersebut itu apa ? hal itu dikenal dengan istilah Skimming. 
Skimming merupakan aktivitas yang berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data dari pita magnetik  kartu ATM/Debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening. Nah jika pelaku sudah mendapatkan kendali maka akan dengan mudah mencuri uang nasabah yang terdapat pada rekeningnya. 
lalu bagaimana cara pelaku melakukannya ? pada laman liputan6.com dijelaskan sebagai berikut :
1. Pelaku mencari target mesin ATM yang ingin dipasangi skimmer. Biasanya mesin ATM yang menjadi target adalah ATM yang sepi dan tidak ada penjagaan kemanan (umumnya ATM outdoor) dan tidak terjangkau CCTV.
2. Pelaku memulai aksi pencurian data nasabah dengan memasang alat skimmer pada mulut mesin ATM
3. Melalui alat Skimmer para pelaku menduplikasi data magnetik stripe pada kartu ATM lau mengkloningnya ke dalam kartu ATM kosong. proses ini bisa dilakukan dengan cara manual diman pelaku kembali ke ATM dan mengambil chip data yang sudah disiapkan sebelumnya. Atau bila pelaku sudah menggunakan alat skimmer yang lebih canggih, data data yang telah dikumpulkan dapat diakses dari manapun. umumnya dikirimkan via sms.
hmm... lumayan bikin resah juga ya teman teman. Oleh karenanya pihak Bank terus melakukan edukasi kepada nasabahnya untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi menggunakan ATM miliknya. Berikut saya share ke teman-teman tips jitu menghindari skimming untuk meningkatkan kewaspadaan.



1. Periksa dan Pastikan Pinpad tidak ditempel pinpad palsu, lubang kartu tidak ditempeli alat skimmer dengan cara mengecek apa ada bekas lem, tempelan atau hal mencurigakan pada lubang kartu serta tidak ada perangkat router tambahan yang dipasang pada perangkat switch
2. Tutup pinpad dengan tangan ketika input PIN
3. Jangan beritahu PIN anda ada siapapun
4. Lakukan perubahan PIN secara berkala
5. Laporkan segera kepada Pihak Bank apabila menemukan hal-hal mencurigakan pada ATM
6. Hati-hati dan waspada jika ada yang menawarkan bantuan ketika menemukan kendala pada mesin ATM dan pastikan anda bertransaksi di EDC Merchant yang resmi

Nah, Demikian Tips menghindari skimming buat teman-teman .. semoga tidak ada lagi yang menjadi korban yah..
Dany



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Skimming ATM - Tips Menghindari Skimming"

Posting Komentar