"Membersihkan Diri dan Menyikapi Kesulitan melalui Shalat"



Assalmualaikum Wr.Wb
Malam ini tidak tahu kenapa jadi pengen share tentang manfaat sholat yang begitu luar biasa. begitu banyak ayat-ayat al-qur'an maupun hadits Rasulullah SAW yang menerangkan manfaat dan hikmah daripada sholat.
dalam salah satu haditsnya yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasa'i Rasulullah Bersabda  : 
Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, " Bagaimana pendapat kalian jika di depan rumah salah seorang dari kalian terdapat sungai yang mengalir, lalu kalian mandi di dalamnya lima kali sehari, apakah akan tersisa kotoran sedikitpun di tubuhnya ? " merka menjawab "tentu tidak akan tersisa kotoran sedikitpun di tubuhnya." Rasulullah SAW bersabda, " Begitulah perumpamaan sholat lima waktu, dengannya Alllah SWT akan mengampuni dosanya " 

Dalam riwayat yang lain, Jabir r.a berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaan sholat lima waktu bagaikan sungai yang dalam dan mengalir di depan pintu rumah salah seorang di antara kalian, dan ia mandi di dalamnya lima kali sehari." (H.R Muslim-At Targhib)

Dari kedua hadits di atas dapat kita ambil pelajaran bahwa shalat adalah media yang dapat kita gunakan untuk membersihkan diri dari  dosa-dosa yang begitu banyak kita lakukan sehari-hari yang umumnya tidak kita sadari. Misalnya para pelajar dan mahasiswa yang berinteraksi dengan sesama maupun guru dan dosen yang terkadang sikap, tingkah laku dan tutur kata tanpa sadar telah menyinggung satu sama lain.atau para karyawan di dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab terhadap atasan, sesama dan pelanggan tidak jarang terjadi konflik yang tentu saja menambah catatan-catatan dosa. 
Sementara setiap perkataan yang terucap, tindakan yang terjadi, suara-suara yang terdengar telinga, bahkan kata-kata dalam hati yang tidak terdengar, malaikat tanpa selektif mencatat itu semua dan kelak akan kita pertanggungjawabkan. meskipun merupakan dosa-dosa kecil, tapi jika terus menerus dikerjakan tanpa dimintakan ampun kepada Allah swt, maka akan menjadi besar juga. Dalam satu kesempatan, Syaikh Ali Jaber menyampaikan salah satu yang menyebabkan kita terhindar dari Allah swt adalah terus melakukan dosa kecil alias rutin, na'udzubillahiminzalik..

Sudah lumayan larut ya teman,, sebelum artikel ini saya tutup, saya tambahkan lagi salah satu hikmah dari shalat adalah bisa menjadi penenang atau solusi untuk menyikapi keuslitan dan kesusahan. Seperti yang sering dicontohkan oleh Rasulullah SAW bahwa setiap Rasulullah mengalami kesusahan, Beliau akan bersegera menunaikan shalat. 
Seperti yang dkatakan Abu Darda r.a "Jika terjadi angin kencang, maka Rasulullah saw segera masuk ke dalam masjid dan tidak keluar hingga angin itu berhenti. Begitupula jika terjadi gerhana matarahari atau gerhana bulan, Rasulullah saw akan segera mengerjakan shalat"
Selain itu akan menambah pada pundi-pundi pahala melalui ibadah shalat, sudah pasti Allah swt juga akan memberikan kelapangan, ketenangan dan keikhlasan pada kita jika mengalami kesulitan. Bahkan tidak menutup kemungkinan malah akan mendapatkan nilai dan hasil yang besar dibalik kesulitan tersebut. 

Demikian artikel ini, semoga dapat menjadi peringatan bagi saya dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
ws.wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""Membersihkan Diri dan Menyikapi Kesulitan melalui Shalat""

Posting Komentar