Ini dia Tips Merawat Kulit di Pagi Hari

 
detik.com-Perawatan wajah di pagi hari tak kalah penting dengan malam hari. Kulit wajah perlu perlindungan ekstra saat keluar rumah, organ terbesar dan terluar dari tubuh ini akan terpapar sinar matahari, belum lagi polusi, udara kotor dan radikal bebas yang bersifat merusak sel.

Dermatologist Dr. Debra Jaliman mengatakan, sedikitnya perlu tiga hingga empat langkah dalam perawatan kulit di pagi hari. Mulai dari membersihkan, melembapkan, menutrisi hingga melindungi. Dr. Debra pun menjelaskan tahapan yang tepat agar kulit terawat dan terlindungi setiap hari.

1. Eksfoliasi Ringan
Lakukan pengelupasan ringan dengan exfoliating powder, yaitu produk pembersih wajah berbentuk bubuk. Tuangkan exfoliating powder secukupnya ke telapak tangan, basahi sedikit dengan air lalu gosokkan hingga berbusa. Usapkan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar. Pengelupasan ringan di pagi hari membantu mempercepat pergantian sel kulit sehingga lebih segar dan kulit lebih siap menerima perawatan selanjutnya.

Perlu diingat, pilih produk dengan efek eksfoliasi ringan dan lembut, yang diformulasi khusus untuk digunakan setiap hari. Untuk kulit sensitif dan cenderung kering eksfoliasi sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, cukup seminggu tiga kali.

2. Membersihkan Wajah
Rutinitas ini tentu saja tidak boleh dilewatkan. Seperti dikutip dari Style Caster, membersihkan wajah di pagi hari penting untuk menyingkirkan bakteri, kotoran atau residu makeup yang mungkin menempel di wajah saat tidur. Pilih pembersih wajah dengan formula lembut dan punya efek melembapkan. Bilas dengan air hangat, lalu keringkan dengan cara menepuk-nepukkan lembut handuk ke wajah.

3. Toner
Mengaplikasikan toner penting untuk kulit berminyak atau mudah berjerawat. Toner membantu menyeimbangkan kadar minyak kulit dan mencegah kulit memproduksi minyak berlebih. Pilih formula bebas alkohol dan menenangkan kulit, biasanya yang mengandung ekstrak chamomile, hibiscus atau vitamin E. Usapkan toner secara lembut menggunakan kapas ke seluruh wajah dan leher.

4. Serum
Serum memiliki konsentrasi dan bahan aktif yang lebih tinggi ketimbang pelembap. Teksturnya biasanya lebih cair sehingga lebih mudah terserap kulit. Memakai serum berguna untuk menutrisi kulit, melindungi dari faktor luar yang merusak dan menghasilkan kulit yang lebih berkilau dan memancarkan cahaya sehat.

Dr. Debra menyarankan, serum dengan bahan aktif vitamin C atau E ideal untuk merawat kulit Anda di pagi hari. Vitamin C dan E merupakan bentuk antioksidan yang dapat melindungi kulit secara maksimal dari radikal bebas. Ketika dikombinasikan dengan sunscreen, perlindungan kulit terhadap sinar matahari akan lebih optimal. Beberapa orang mungkin memiliki kulit yang sensitif dan bisa bereaksi dengan vitamin C dosis tinggi, jadi sebaiknya tes terlebih dahulu dengan mengoleskannya di kulit belakang telinga. Tunggu selama beberapa menit untuk melihat reaksinya. Jika timbul gatal atau perih, sebaiknya gunakan serum dengan bahan lain atau yang hanya sedikit mengandung vitamin C.

5. Pelembap
Perlu diketahui bahwa serum bukanlah pelembap. Jadi Anda tetap perlu mengoleskan pelembap setelah pemakaian serum. Pilih pelembap sesuai jenis kulit. Pelembap bertekstur gel atau lotion cocok untuk kulit kombinasi dan berminyak, sementara tekstur krim lebih sesuai untuk kulit kering. Oleskan pelembap 1-2 menit setelah memakai serum.

6. Sunscreen
Sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Untuk aktivitas siang hari yang lebih banyak di dalam ruangan, sunscreen dengan SPF 20 atau 35 sudah cukup ideal. Sementara jika Anda lebih banyak berkegiatan di luar ruangan, sebaiknya gunakan SPF 40 atau 50. Tak hanya SPF, untuk perlindungan maksimal gunakan produk sunscreen yang juga memiliki PA++ untuk menangkal UVA, sinar matahari yang menyebabkan penuaan kulit dan kanker kulit. (hst/ami)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini dia Tips Merawat Kulit di Pagi Hari"

Posting Komentar