Penting !!! Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ingin Karir Cemerlang !!!


Pada era modern seperti saat ini persaingan hidup yang begitu ketat bahkan hampir di semua aspek kehidupan. Salah satunya adalah dalam dunia kerja. Hari ini saya berkesempatan mengikuti sebuah training motivasi yang diadakan kantor di tempat saya bekerja. Pada sela-sela training disampaikan oleh manajemen bahwa saat ini, manajemen sedang melakukan rekrutmen untuk posisi frontliner, kebutuhannya hanya beberapa orang bahkan tidak sampai 10 orang. Akan tetapi yang daftar lebih dari 300 orang. Sebuah angka yang begitu fantastis karena informasi job opening hanya ditempel tidak lebih dari 1 minggu. Begitupula dalam materi yang disampaikan motivator memberikan ilustrasi potret para pencari kerja yang desak-desakan untuk melamar pekerjaan. Mungkin anda mengatakan bahwa kami yang sudah mendapatkan pekerjaan tentu sudah aman, akan tetapi sebaliknya mereka juga adalah ancaman bagi kami karena sewaktu-waktu jika kinerja kami tidak sesuai dengan keinginan manajemen maka mereka akan menjadi pengganti kami nantinya. Dengan kata lain para pencari kerja yang begitu banyak itu adalah kompetitor kami juga. Ini juga dipertegas oleh manajemen dengan statement berikut “jumlah pelamar lebih dari 300 orang, saat ini pekerja kita di BRI cabang Selong sekitar 200an pekerja, artinya jika saya mengganti kalian semua, penggantinya sudah ada”.
Jika kondisinya sudah seperti itu, pilihannya hanya dua yakni menjadi the looser yang tergilas oleh persaingan dan menjadi pecundang atau sebaliknya terus berkembang, menyesuaikan diri dengan dinamika untuk menjadi the winner. Mereka yang menjadi the looser adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan namun tidak juga mau berusaha untuk mengisi diri dengan ilmu dan pengetahuan (will), keterampilan (skill),dan tidak bersedia mengembangkan kreativitas yang dimiliki sesuai tuntutan perusahaan. Sedangkan the winner adalah mereka yang secara terus menerus dan bersungguh-sungguh terus mengisi diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan serta terus mengembangkan kreativitas yang diperlukan untuk sukses dalam karirnya.
Berkaitan dengan itu, saya teringat tips sukses membangun karir dari salah seorang pemimpin cabang sewaktu mengikuti job opening di perusahaan tempat saya bekerja. Namanya Bapak Taufik, beliau berpesan dari pengalamannya memulai karir dari posisi terbawah hingga menduduki posisi jabatan nomor 1 di tingkat kantor cabang, bahwa untuk menuju puncak karir anda harus memperhatikan 5 hal berikut ini :
üü  Kesehatan Fisik.

Fisik.jpgApapun pekerjaan, jabatan, dan aktivitas anda maka hal pertama yang menjadi penunjang untuk keberhasilan adalah fisik. Jika fisik lemah maka akan rentan dan mudah terkena penyakit yang kemudian akan membuat kita kesulitan menyelesaikan pekerjaan. Sebaliknya fisik yang bagus akan memudahkan anda menyelesaikan setiap pekerjaan dan mencapai target yang diberikan. Tipsnya adalah anda harus memiliki satu atau dua olahraga yang harus rutin anda kerjakan misalnya 2-3 kali dalam seminggu.
ü  Emosi Sosial

karir1.jpgEmosi Sosial adalah kemampuan anda untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar entah itu keluarga, tetangga, masyarakat secara umum, rekan kerja, atasan dan bawahan. Dalam hal pekerjaan, tentu orang terdekat anda adalah rekan kerja dan relasi bisnis perusahaan anda. Anda harus mampu membaur dan berkolaborasi dengan mereka. Jangan menjadi pendiam dan penyendiri. Orang yang pendiam akan sulit berkembang, mudah tersinggung, dan tentu saja akses terhadap informasi dan pengetahuan akan berkurang sehingga sulit untuk mereka menagkap dan menemukan peluang untuk menuju karir yang cemerlang.
ü  Keteguhan Mental
Mental.jpg
Mentalitas menyangkut kemampuan anda menanggapi kegagalan. Tidak ada orang sukses dengan cara yang instan. Bahkan ada yang bilang orang paling sukses adalah orang yang paling sering gagal. Artinya untuk menjadi sukses sangat mungkin anda akan terjatuh berkali-kali, anda akan mendapat berbagai hambatan dalam prosesnya nanti. Tapi tidak perlu berkecil hati, pesimis apalagi menyerah. Setiap masalah yang berhasil anda selesaikan akan meningkatkan mentalitas anda, setiap hambatan yang berhasil anda lewati akan meneguhkan mental anda, setiap kali anda bangun dari jatuh itu seperti anda menaiki tangga kesukesan yang anda tidak tahu mungkin tangga selanjutnya adalah tangga terakhir untuk mencapai finish yang disebut kesuksean. So, jika terjatuh, bangun lagi, jatuh bangun lagi, jatuh bangun lagi dst.  
ü  Kemampuan Komunikasi yang Baik

presentasi.jpgKetika anda memiliki banyak ide-ide brilian, informasi yang bagus, tapi anda tidak dapat mengkomunikasikannya dengan baik maka itu bukanlah apa-apa. Punya otak cerdas tapi tidak dibarengi dengan kemampuan komunikasi yang handal sama artinya dengan otak yang gak cerdas. Jadi penting untuk terus mengasah kemampuan komunikasi anda untuk membantu anda menjadi orang yang sukses. Jika diberikan kesempatan jangan pernah ragu, bila perlu jika anda sudah ada dalam suatu organisasi atau perusahaan mintalah untuk dilibatkan dalam acara-acara yang akan membuat anda berbicara di hadapan banyak orang, berbicara dengan orang-orang penting dan lain sebagainya.
ü  Rohani dan Jiwa yang Sehat
berdoa.jpg
Hal ini berkaitan dengan aspek keagamaan anda. Manusia hanya bisa berencana dan mengeksekusi berbagai program menuju kesuksesan tapi tetaplah Allah SWT yang menentukan hasil akhir. Akan lebih bijak dan cerdas tentunya apabila kita memilih untuk berjuang meniti karir dengan melibatkan Allah SWT dalam setiap usaha kita daripada kita jatuh bangun, jungkir balik, mengejar apa yang kita damba-dambakan. Allah yang maha kuasa atas segala sesuatu apalah lagi hanya sekedar mempermudah anda mendapatkan kesuksesan, menjadikan yang susah menjadi mudah, menjadikan yang jauh menjadi dekat, atau menjadikan yang lama menjadi singkat. Jangan lupakan ini.
Sukses bukanlah hal yang mudah untuk didapat dalam situasi persaingan yang begitu ketat seperti saat ini. Diperlukan usaha yang sangat keras, sangat ikhlas, sangat tulus dan sangat-sangat yang lainnya tentu saja. Demikian share pengalaman dan pengetahuan ini, semoga penulis juga dapat mengaplikasikannya dan menjadi tips yang membantu saya maupun teman-teman yang membacanya memperoleh kesuksesan yang baraqah baik dunia dan akhirat. Amin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penting !!! Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ingin Karir Cemerlang !!!"

Posting Komentar