Inspiratif,Cara Membalikkan Kegagalan menjadi Kesuksesan


Sebuah kisah yang diceritakan oleh ust Yusuf Mansur dalam bukunya yang berjudul success in life. Dalam kisah tersebut diceritakan sepasang suami istri yang terjatuh beberapa kali dan bangkit dari setiap kegagalan yang dialami. Nanda yang memulai usaha konveksi pada tahun 1995 gagal di tahun yang sama. Namun saat yang sama juga bangkit dengan usaha yang baru yakni dagang sembako. Tidak sampai 1 tahun harus berpindah ke jual beli sepeda motor karena gagal. Usaha jual beli motor pun hanya bertahan 1 tahun dan beralih ke usaha jualan besi tua pada tahun 1997. Kebanyakan kegagalan karena ditipu oleh rekanan bisnisnya.

Pada tahun 1998 Nanda mencoba bisnis baru yakni bisnis pendidikan. Di atas sebidang tanah seluas 2.700 meter persegi, Ia dan suaminya mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan yang dinamakan SMK Bening. Ia mendapat bantuan modal dari seorang yang namanya Koh Asiang yang menjaminkan tanah tersebut ke Bank untuk mendapat pinjaman. Adapun pinjaman dibagi dua, sebagian untuk modal usaha Koh Asiang dan sebagiannya lagi untuk Nanda membangun sekolahnya, sementara pinjaman Nanda boleh dibayarkan nanti jika sekolahnya sudah selesai.

Rupanya kegigihan dan semangat Nanda berbuah manis, pada tahun pertama sekolah itu didirikan siswanya hanya berjumlah 120 siswa. Tetapi pada tahun 2002 siswanya langsung membengkak menjadi hampir sekitar 1.000-an siswa. Bahkan hanya SMK, tapi jenjang pendidikan lain dibuka seperti SLTP dan SMU. Tidak hanya itu, Nanda juga sudah merencanakan untuk melakukan ekspansi dengan Sekolah Menengah Informatika (SMI). Banyak warga kampong sekitar lebih memilih untuk menyekolahkan anaknya di sekolahnya Nanda karena jaraknya yang dekat, karena Nanda sebelumnya memang berkeyakinan bahwa jika ada sekolah yang baik dan bermutu maka tidak perlu orang-orang menyekolahkan anaknya ke luar kampong.

Nanda pun bercerita kalau lah dulu ia tidak mengalami banyak kegagalan mungkin Sekolah Bening tidak akan pernah ada dan Nanda yang dulu mungkin dicap sebagai si tukang gagal, sekarang kehidupan Nanda jauh dari kata gagal. Ya, bisnis pendidikannya sudah Nampak pada rumah bertingkat dua dengan fasilitas hidup yang mewah, Mobil Aerio, MVP terbaru dan tentu saja tampilan istri yang menarik.

Dari kisah ini kita belajar bahwa kegagalan pasti ada, tapi menyikapi kegagalan dengan terus bangkit dan berusaha lebih baik lagi PASTI akan berbuah kesuksesan di kemudian hari. Semoga kita bisa menirunya ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inspiratif,Cara Membalikkan Kegagalan menjadi Kesuksesan "

Posting Komentar